Persiapan Dunia Kerja bagi Siswa SMKN 39 Jakarta: Edukasi Penulisan CV, Psikotes, dan Wawancara

Job Market Preparation for Vocational Students of SMKN 39 Jakarta: CV Writing, Psychological Tests, and Interviews

  • Rina Rahmatika Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas YARSI, Jakarta, Indonesia
  • Novika Grasiaswaty Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas YARSI, Jakarta, Indonesia
  • Sunu Bagaskara Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas YARSI, Jakarta, Indonesia
Keywords: education, job market, vocational students, work preparation

Abstract

Vocational students feel that it is more difficult to compete for jobs after completing their education. In fact, they are expected to find it easier to get a job because they have been equipped with specific skills that are in accordance with their majors. Through the training, it is hoped that it can help vocational students to prepare themselves to compete in the job market. The method used is counseling and providing information to 27 SMKN 39 Jakarta students who will prepare for internships. Based on the statistical analysis of paired samples t-test, there was an increase of 28.89 points between before and after the participants attended the training. This shows that the training provided is effective in preparing participants to meet the job market demands.

 

Siswa SMK merasa bahwa lebih sulit bersaing untuk mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikannya. Padahal, lulusan SMK diharapkan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dikarenakan sudah dibekali keterampilan khusus yang sesuai dengan jurusannya. Melalui kegiatan pelatihan yang dilakukan ini, diharapkan dapat membantu siswa SMK untuk mempersiapkan diri bersaing di dunia kerja. Metode yang digunakan yaitu dengan penyuluhan dan pemberian informasi pada 27 siswa SMKN 39 Jakarta yang akan bersiap untuk magang. Berdasarkan analisis statistik  t-test sampel berpasangan, terdapat peningkatan sebesar 28,89 poin antara sebelum dan setelah peserta mengikuti pelatihan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang dilakukan efektif dalam mempersiapkan peserta memasuki dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, R., & Setiyani, R. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, dan Kematangan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 453–468. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/6776

Caballero, C. L., & Walker, A. (2010). Work readiness in graduate recruitment and selection: A review of current assessment methods. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.21153/jtlge2010vol1no1art546

Caballero, C. L., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(2), 41–5441. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552

Dharmawati, D. (2020). Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3751

Firdaus, Z. Z. (2013). Pengaruh unit produksi, pengalaman prakerin dan dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 397–409. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1045

Guntoro, G., Costaner, L., & Sutejo, S. (2017). Pelatihan Sistem Pembelajaran E-Learning Pada Sekolah Menengah Kejuruan Dwi Sejahtera Pekanbaru. In Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 1, pp. 39–45). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.411

Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580

Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 65–76. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/6075

Kuswana, S. W. (2013). Dasar-dasar Pendidikan Vokasi & Kejuruan. Alfabeta.

Lestari, I., & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6384

Nuryanto, A., & Eryandi, K. Y. (2020). The 21st Century Ideal Skills for Vocational High Schools. Proceedings of the International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019), 401(Iceri 2019), 142–147. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.026

Published
2021-07-25
How to Cite
Rahmatika, R., Grasiaswaty, N., & Bagaskara, S. (2021). Persiapan Dunia Kerja bagi Siswa SMKN 39 Jakarta: Edukasi Penulisan CV, Psikotes, dan Wawancara. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(2), 119-127. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i2.874
Abstract views: 121 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 133