Penggunaan Media Aktual dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Kelas Bawah MI/SD Actual Use of Media in Moral Akidah Learning for the Lower Grades of MI / SD Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Akidah Akhlak merupakan ilustrasi yang signifikan dalam menyampaikan cara berperilaku hormat dari usia anak muda sekarang. Karena sifatnya yang teoritis, dalam mempelajari Akidah Akhlak, masih diperlukan objek-objek yang menjadi mediator atau pelatihan yang membantu kapasitas tersebut untuk berinteraksi sehingga realitas mudah dipahami orang banyak. Pemilihan media yang tepat dapat menjadi penopang tantangan siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam menangkap materi. Tujuan kajian tulisan ini untuk mengetahui penggunaan media aktual (lingkungan) dalam pembelajaran akidah akhlak untuk kelas bawah MI/SD. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian yaitu peran lingkungan sebagai mediator dalam pembelajaran Akhlak-Akidah di MI/SD sangat penting dan mendukung pembelajaran siswa. Pembelajaran dengan menggunakan lingkungan dapat mengembangkan sisi pedagogisnya. Adapun simpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan dan menekankan proses dirancang untuk memberikan siswa pengalaman langsung dan memungkinkan pembelajaran Akidah Akhlak yang bermakna dan berkualitas.
Kata kunci; Media, investigasi, belajar Akidah Akhlak
Abstract: Akidah Akhlak is a significant illustration in conveying how to behave respectfully from the young age of today. Due to its theoretical nature, in studying Akidah Akhlak, objects are still needed to become mediators or training that helps the capacity to interact so that reality is easily understood by many people. The selection of the right media can support the challenges of Madrasah Ibtidaiyah students in capturing the material. The purpose of this study is to find out the actual use of media (environment) in learning morals for the lower class of MI/SD. This research method uses literature study. The result of the research is that the role of the environment as a mediator in learning morality in MI/SD is very important and supports student learning. Learning by using the environment can develop its pedagogical side. The conclusion of this research is that learning activities that utilize the environment and emphasize the process are designed to give students direct experience and enable meaningful and quality learning of Akidah Akhlak.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ariska, K. (2021). Pemanfaatan Bahan Bekas dengan Decoupage untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 189–200.
Aspar, M., Mujtaba, I., Mutiarani, M., & Zulfita, A. (2021). Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72–92.
Dute, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik. Publica Indonesia Utama.
Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112.
Fauzi Rachman, M. P. (2022). Buku Ajar MEDIA PEMBELAJARAN. Penerbit Lakeisha.
Herlina, H. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Rangka Meningkatkan Pengamalan Nilai-Nilai Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Keramat Baru Kecamatan Teluk Betung Barat Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Iriani, F. (2019). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar. Journal of Islamic Education, 2(2), 168–181.
Jeumpa, N. (2021). Macam-macam Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Al-Fathanah, 1(1, April).
Manshur, U., & Ramdlani, M. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Murabbi, 5(1), 1–8.
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188.
Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan media audio visual pada pembelajaran matematika di kelas 1 mi al hikmah 1 sepatan. PENSA, 3(1), 149–165.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., & Kaunang, F. J. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79.
Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
SARI, D. E. K. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Komik Dan Google Book Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Min 1 Tulungagung.
Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, T., Sitorus, E., Silitonga, H. P., Sutrisno, E., Purba, B., & Makbul, R. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
Solihin, R. (2021). Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah. Penerbit Adab.
Suminar, D. R. (2019). Psikologi bermain: Bermain & permainan bagi perkembangan anak. Airlangga University Press.
Suryana, A., Noviansyah, I., & Tamara, F. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ilmi Citeureup Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 112–132.
Suryawinata, M. (2019). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. Umsida Press, 1–144.
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Tamam, B., & Arbain, M. (2020). Inklusifitas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 75–110.
Tameon, S. M. (2018). Peran Bermain Bagi Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 26–39.
Wahyono, I. (2019). Mengembangkan Iklim Organisasi Di Sekolah dengan Menggunakan Model Tagiuri. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 61–72.
Wulandari, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di Min 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung.
Zaini, M. (2018). Pendidikan remaja dalam perspektif psikologi pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 99–117.