Implementasi Model Pembelajaran Portofolio Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Akidah Akhlak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Azizah

Abstract

Pengembangan model pembelajaran merupakan sebuah keharusan, baik dalam sisi perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian. Saat ini telah tersedia berbagai model pembelajaran sebagai upaya untuk optimalkan mutu pembelajaran. Salah satu yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran portofolio, yang diterapkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, teknik analisis/pengolahan data kualitatif meliputi tiga tahapan yaitu: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) verifikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk Memperoleh gambaran tentang Implementasi Model Pembelajaran Portofolio. Penelitian ini menggunakan pendekatan Naturalistik kualitatif, metodenya menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran portofolio dapat mendorong tumbuhnya rasa senang siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan dan meningkatkan motivasi mengerjakan tugas, memberikan kemudahan siswa untuk memahami pelajaran sehingga, semua komponen yang terkait dengan pendidikan harus dioptimalkan salah satunya kompetensi guru yang mampu memanfaatkan berbagai sumber dalam penyajian proses belajar mengajar. Proses pembelajaran akan berjalan menyenangkan karena siswa saling menerima dan memberi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Suasana belajar mengajar menyenangkan, merangsang siswa belajar aktif, Kreatif dan efektif sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anonim. (2005). PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Boediono, D. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi : Jakarta : Balitbang Depdiknas. Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung:
PT Genesindo.
Fajar, A. (2004). Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. PT Remaja Rosdakarya. Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Belajar (13th ed.). Raja Grafindo.
Mulyasa, E. (2019). Guru dalam implementasi kurikulum 2013 (5th ed.). Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. dkk. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Rosda karya.
Pemerintah RI. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan.
Presiden Republik Indonesia. (2005). PP 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Sekretariat Negara RI.
Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanusi, A. (2001). Pendidikan Alternatif, Bandung : PPS IKIP Bandung Bekerjasama dengan Grafindo Media Pratama Bandung. Bandung : PPS IKIP Bandung Bekerjasama dengan Grafindo Media Pratama Bandung.
Sudjana., N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Usman, B. (2004). Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Metodelogi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press, .