Pengembangan Buku Ajar Berbasis QR Code Materi Akhlak Terpuji dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hilma Maulal Fatwa
M. Sofyan Alnashr
Miftahul Munif

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek utama dalam membentuk karakter siswa. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa yakni percepatan teknologi dan dampak pemberlakuan pembelajaran daring pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar sebagai sumber belajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi sesuai sistem pembelajaran abad 21 dimana pembelajaran berpusat pada siswa. Adapun materi disesuaikan dengan pembelajaran yang memuat nilai-nilai dalam mengembangkan sikap sosial siswa yakni materi akhlak terpuji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy. S. Semmel, dan Melvyn. I. Semmel. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) Produk yang dihasilkan berupa buku ajar berbasis QR Code materi akhlak terpuji kelas 2 yang memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata kriteria 91%; hasil validasi ahli materi 94%; hasil validasi ahli desain 82%; dan hasil validasi ahli pembelajaran 97%. 2) Hasil uji coba kemenarikan memperoleh rata-rata 98%. 3) dan hasil uji t dalam menentukan keefektifan buku ajar dalam meningkatkan sikap sosial siswa dengan memperoleh hasil t hitung > t tabel (4,163332 > 2,16) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perkembangan sikap sosial siswa setelah menggunakan buku ajar berbasis QR Code materi akhlak terpuji kelas 2.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Astiting, “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Ensiklopedia Plus Mind Mapping Materi Zoologi Vertebrata Pada Prodi Pendidikan Biologi Uin Alauddin Makassar”, Skripsi Uin Alauddin Makassar, 2018.
Azizah, L., dan, M. Sofyan. A., “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa”, Jurnal Dawuh Guru, Vol.2, No.1:1-12. 2022.
Bahrodin, A,, “Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Model Pembelajaran Triprakoro Kelas IV Semester II MIN Bandar Kidul Kediri, Tesis Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim, 2017.
Meiryani, “Memahami Uji T dalam Regresi Linear, Article Binus University12 Agustus 2021”, https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-t-dalam-regresi-linear/. Diakses pada 07 April 2022 pukul 11:47.
Prasetyo,I., “Teknik Analisis Data Dalam Research And Development”, PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta,http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/ diakses pada ahad, 10 April 2022.
Saraswati, P.,“Pengembangan Media Buku Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPSSiswa Kelas V SD, Gugus Dr. Mawardi, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal”, SkripsiUniversitas Negeri Semarang, 2017.
Situmorang, R., dan Jhoni L.S., “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Qr Code”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol.5,No.4 Desember 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.
Thiagarajan, S., Dhoroty. S. Semmel., Melvyn .I.S., Instructional Development for Training Teachers of Expectational Children, Washington: Indiana University Bloomington, 1920.