Penerapan Model Pembelajaran Mind Map Berbasis Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ririn Setyowati
Aulia Fajar Khasanah
Defi Rue Rochma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik;  dan (2) meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III SDN Banjarejo Kota Madiun. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SDN Banjarejo tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 anak. Tindakan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran mind map berbasis media audiovisual dalam mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Persentase ketuntasan klasikal peserta didik yang dinyatakan lulus KKM pada hasil belajar IPA pra siklus sebesar 42,31%, meningkat pada siklus I menjadi 61,54% dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 84,62%. Persentase ketuntasan klasikal minat belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 30,77% meningkat pada siklus I mencapai persentase 73,08% dan meningkat pada siklus II yang menyatakan 92,31% peserta didik telah berminat dalam pembelajaran. Model pembelajaran mind map berbasis media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN Banjarejo Kota Madiun.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 1(3), 40–45.

Arifin Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogjakarta: Penerbit Gava Media

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.

Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Paizaluddin, & Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teori dan Praktis. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suryanti, Harun, A. H., & Septiwiharti, D. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN I Kayu Agung dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Kreatif Tadulako, 1(3), 35–47

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Windura, S. (2013). 1st Mind Map untuk Siswa, Guru & Orang Tua. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia