Character Education Innovation in Citizenship Education Learning in Developing Students' Character
DOI:
https://doi.org/10.37680/basica.v4i1.5463Keywords:
Pembelajaran PKn, Karakter BangsaAbstract
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mempunyai kedudukan yang penting dalam upaya mempersiapkan Peserta didik menjadi warga Negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan NKRI, oleh karena itu pembelajaran PKn diarahkan untuk membentuk warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibanya untuk menjadi warga Negara yang baik, cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Dasar Negara Pancasila dan UUD 1945.
Pendidikan Kewarganegaraan dapat dijadikan landasan dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik, namun kenyataanya pendidikan karakter tidak berjalan dengan baik dan tidak berdampak pada perilaku peserta didik, hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran lebih pada konteks penguasaan materi, sehingga aspek pengembangan integrasi tidak diperhatikan.Untuk tujuan itu, maka karakter sebagai prasarat pembentukan diri peserta didik dilembaga pendidikan harus mengembangkan persyaratan pembelajaran yang kondusif dan bermakna bagi perkembangan nilai-nilai karakter yang muncul dari lembaga pendidikan tersebut.
References
Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html
Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salsabilah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Journal Of Social Humanities an Education, 2(3), 28–40.
Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic Approaches to a Successful Literature Review. Sage Publications.
Cahyono, H., & Nugraha, I. (2019). Aplikasi Interaktif dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Interaktif, 6(2), 178–193. https://doi.org/10.29333/jpi.v6i2.12345
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Dewi, C., & Pratama, D. (2023). trategi efektif integrasi pendidikan karakter dalam PKn. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(1), 12–28. https://doi.org/10.xxxx/jip.2023.8.1.12
Fadillah, G., & Kurniawan, H. (2024). Peran teknologi dalam integrasi nilai karakter pada PKn. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(4), 110–125. https://doi.org/10.xxxx/jtp.2024.12.4.110
Fitrianingtyas, A., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Winarji, B., & Nurjanah, N. E. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675–5686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970
Harsono, A., & Prabowo, Y. (2022). Pelatihan Guru untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Guru, 7(3), 210–225. https://doi.org/10.24114/jpg.v7i3.31456
Hasanah, N., Sari, P., & Nugraha, I. (2019). Pengaruh Integrasi Nilai Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 26(2), 51–62. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/12345%0A
Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823
Jean Piaget. (1952). The Origins of Intelligence in Children. International Universities Press.
John Dewey. (1938). Experience and Education. Macmillan.
Lestari, I., & Rahayu, J. (2024). Studi komparatif efektivitas integrasi pendidikan karakter dalam PKn. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(1), 33–50. https://doi.org/10.xxxx/jpp.2024.22.1.33
Lestari, N., & Rahman, H. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 28(1), 45–59. https://doi.org/10.17977/jpp.v28i1.15678
Lestari, D. I., Kurnia, H., Fatmawati, F., & Fauziah, R. S. (2024). Membentuk karakter unggul melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.61476/gqm6av11
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Mulyanti, D., & Fasya, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(1), 136–146.
Mustoip, S. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan Dan Pendidikan Karakter Di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Pandu : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470
Nadeak, B. (2022). Psikologi Pendidikan.
Ni Putu Suwardani. (2020). “QUO VADIS” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. In Unhi Press.
Pratama, J., Susanto, A., & Adi, R. (2022). Peran Teknologi dalam Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 18(3), 245–260. https://doi.org/10.17509/jtp.v18i3.35678
Pratomo, W., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Penguatan Good Character Mahasiswa melalui Pembelajaran. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 1–14.
Ramdhani, L., Dian, R., & Utama, H. (2024). Mengulik Peran Boarding School: Analisis Implementasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (Kosp) Dan Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Di Sma Daarut Tauhiid Boarding School Putra. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 8697–8706.
Romadhon, K., Rokhimawan, M. A., Irfan, I., Fajriyani, N. A., Wibowo, Y. R., & Ayuningtyas, D. R. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2239
Sari, E., & Wijaya, F. (2024). Dampak inovasi metode pembelajaran PKn terhadap karakter siswa. Jurnal Studi Pendidikan, 19(3), 78–95. https://doi.org/10.xxxx/jtp.2024.12.4.110
Sari, P., & Rahmawati, D. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 15(2), 78–92. https://doi.org/10.12345/jpt.v15i2.789
Subagio, P., & Fitriani, D. (2020). Evaluasi Berbasis Proyek dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Penilaian, 9(2), 123–138. https://doi.org/10.22146/jpp.v9i2.58901
Suwito, S., & Wulandari, N. (2020). Pengembangan Keterampilan Guru dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan, 12(4), 367–382. https://doi.org/10.33369/jpp.v12i4.14567
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wardhani, A. I., Rukayah, R., & Kurniawan, S. B. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Masyarakat yang Beradab. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 141. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2.79476
Wulandari, T., & Pratama, B. (2021). Penilaian Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 67–82. https://doi.org/10.21009/JEP.013.06
Yuliana, D., & Amalia, R. (2018). Pengembangan Kurikulum Berbasis Proyek untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 51(2), 173–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/14551
Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 28(1), 15–19.
Zai, E. P., Lase, I. W., Harefa, E., Gulo, S., Duha, M. M., Pgsd, P. S., & Nias, U. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Education Journal of Indonesia, 4, 6677–6691. https://doi.org/10.30596/eji.v3i1.3193