ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MODEL PBL BERBANTUAN PAPAN KOSAKATA
Keywords:
Literasi Baca Tulis, Pelajaran Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Papan Kosa KataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi baca tulis siswa kelas 1 sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media papan kosa kata. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 di SD Negeri Daleman. Pengumpulan data dilakukan melalui angket siswa, wawancara guru, dan dokumentasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kemampuan literasuiu baca tulis mata pelajaran bahasa indonesia berbasis model pembelajaran problem based learning berbantuan media papan kosa kata kelas 1 sd. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar model problem based learning dengan berbantuan papan kosa kata dapat diterapkan lebih luar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa.
References
Cahyaningtyas, A. P., & Ismiyanti, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Flipbook Interaktif Bagi Guru-Guru SD Negeri Desa Gentansari dan Twelagiri. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1112–1119.
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January).
Ismiyanti, Y. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Visual Di Kelas Iv Sdn 02 Temulus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1–6.
Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533–543.
Juniawan, M. E. (2020). … Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V Sd Di Gugus 1 …. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar …, 4(1), 64–73.
Kardoyo, Nurkhin, A., Muhsin, & Pramusinto, H. (2020). Problem-based learning strategy: Its impact on students’ critical and creative thinking skills. European Journal of Educational Research, 9(3), 1141–1150. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1141
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2020). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128.
Rahmat sinaga, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 7(1), 79–88. https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113
Saputri, K., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). faktor-faktor yang mempengaruhi literasi anak kelas 1 SD negeri 20 banda aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98–104.
Sari, Y., Abidin, Z., Kusumadewi, R. F., Ismiyanti, Y., & Ulia, N. (2024). The Effectiveness of Virtual Augmented Reality-Based Media to Improve Students’ Critical Thinking Skill: An Experimental Study in Elementary School. 10(2), 76–23.
SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Suparjan, S., Haryanto, H., Murjainah, M., & Ismiyani, N. (2024). The Influence of Problem-Based Learning Model to Indonesian Language Primary Classrooms: A Meta-Analysis. Journal of Education Research, 5(2), 1785–1791. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.977
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chilma Laila Chilma Laila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.