KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING VIA WHATSAPP GROUP DI ERA COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAHUL HUDA JEPARA)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Laila Fajrin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah MI Miftahul Huda Jepara dalam melaksanakan pembelajaran daring via whatsapp group di era pandemi covid-19. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah MI Miftahul Huda Jepara sedangkan kepala sekolah menjadi subjek penelitian. Sumber data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah, menata data dan menemukan hasil penelitian yang dapat dilaporkan secara sistematis. Sedangkan, uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan kredibilitas data melalui trianggulasi, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan sejawat, depandibility dan konfermability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah MI Miftahul Huda Jepara telah memiliki kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring via whatsapp group dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk mensukseskan kebijakan yang telah ditetapkan maka kepala sekolah berkolaborasi dengan wali kelas, guru mata pelajaran, dan wali siswa. Kebijakan kepala sekolah memiliki dampak positif dan negatif. Dampak negatif kepala sekolah disiasati dengan beberapa jalan keluar yang solutif sehingga pembelajaran daring tetap terlaksana dengan kondusif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ahmad Naufal Dzulfaroh. Cara Penularan Virus Corona dan Alasan Pentingnya Sosial Distancing. Kompas.com. 2020.
(https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/19/064600465/cara-penularan-virus-Corona-dan-alasan-pentingnya-social-distancing?page=all),Accessed on May 7th 2020.
CNN Indonesia. Kemendikbud Buat Skenario Belajar di Rumah sampai Akhir 2020. 2020. (Online).(https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200424114337-20-496861/kemendikbud-buat-skenario-belajar-di-rumah-sampai-akhir-2020), Accessed on May 6th 2020.
Dalinama Telaumbanua. 2020. Urgensi Pembentukan Aturan Pencegahan Covid-19 di Indonesia. Qalamuna: Jurnal Pendidilan, Sosial dan Agama, 12 (1) : 59-70.
Data sebaran situasi Covid-19 di Indonesia. 2020. (www.covid19.go.id), Accessed on May 7th 2020.
Ekarina. Virus Corona Meluas, WHO Tetapkan sebagai Pendemi Global, Katadata.co.id. 2020. (https://katadata.co.id/berita/2020/03/12/virus-Corona-meluas-who-tetapkan-sebagai-pandemi-global), Accessed on May 5th 2020.
Mendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan.
Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 pembelajaran daring untuk mencegah Corona.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. E-Learning, online learning, and
distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. 2011. (https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001), Accessed 8th May 2020.
Ningtyas, Lutfia. 2013. Manajemen Lingkungan Sekolah Pemenang UKS Dan Adiwiyata Nasional: Studi Kasus SDN Tunjungsekar 1 Malang. Unpublished Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
Novianta Yonantias. 2019. Mewujudkan Pendidikan Yang Adil Dan Merata Di Indonesia. Jurnal DDIP. 1-6.
Sartika M. Taher, Erni Munastiwi. 2019. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthiā€™in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 4 (2) : 35-50.
Shabri Abd Majid. 2014. Analisis Tingkan Pendidikan dan Kemiskinan di Aceh. Jurnal Pencerahan: Majelis Pendidikan Daerah Aceh, 8 (1) : 15-37.
Stephanus Turibius Rahmat. 2018. Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas. IJECES: Early Childhood Education Journal Of Indonesia, 1 (2) : 7-12.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Yulita Pujilestari. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilan, 4 (1) : 49-56.
Zahrotunimah. 2020. Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7 (3) : 247-260.
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. Can e-learning replace classroom learning?. Communications of the ACM. 2004.
(https://doi.org/10.1145/986213.986216), Accessed on May 5th 2020.