Implementasi Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Pada Peserta Didik MIN 2 Magetan

  • Yanuar Dila Nur Alifa Institut Sunan Giri Ponorogo
Keywords: Bahan Ajar, Pendidikan Agama Islam, Project Based Learning

Abstract

Abstrak: Melalui pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based
learning diharapkan semakin meningkatkan pengetahuan agama Islam peserta didik, sehingga semakin
mudah bagi peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus pada siswa MIN 2 Magetan. Kesimpulan penelitian
adalah terwujudnya pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based
learning pada peserta didik MIN 2 Magetan.

References

Arief, A. (2002). Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers. Chomsin S.
Widodo Dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.
Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo.
Burhan Yasin Nurhadi Dan Agus Gerrad Senduk. (2004). Pendekatan Kontekstual.
Surabaya: Publisher.
Depdiknas. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning
Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 29.
Irham. (2015). Pesantren Dan Perkembangan Politik Pendidikan Agama Di Indonesia. Jurnal
Pendidikan Agama Islam Ta’lim Universitas Pendidikan Indonesia, 13(1), 95.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Integratif Terpadu. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Masholekhatin, N. S., & Handoyo, B. (N.D.). Pengaruh Model Pembelajaran Problem
Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Geografi. 2.
Rahmawati, R. I. A., & Sukidjo. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pbl Pada
Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sma. Jurnal
Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2), 118.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning ( Pbl ) Dalam
Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 3(1), 34.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Konsep
Landasan Dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta:
Kencana Media Grup.
Wiyani, N. A. (2013). Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Terorisme Di Sma.
Jurnal Pendidikan Islam ::, 2(1), 67
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Pendoidikan, 5(2),
274–2852
Published
2023-07-19
Section
Articles
Abstract views: 159 , PDF downloads: 189