Fasilitasi Masyarakat untuk Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Quran melalui BBQ Metode ’Usmani di Desa Wagir Kidul

  • Mohammad Agus Fatkhur Rohman Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Fuad Fitriawan Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: Fasilitasi Masyarakat; Minat Belajar; Wagir Kidul; Metode ‘Usmani; ABCD

Abstract

The majority of the community in Wagir Kidul practices Islam, but there are still many who have not been touched by Quranic reading education. The aim of this community service is to enhance the interest in learning to read the Quran among the residents of Wagir Kidul village Pulung Ponorogo, Indonesia. The method employed in this community service is the Asset Based Community-Driven Development (ABCD) approach, consisting of five implementation stages: Inculturation, Discovery, Design, Define, and Reflection. The result of this community service is the implementation of the Quran Reading Development (BBQ) program using the 'Usmani' method, with two face-to-face sessions every week, totaling five sessions. The program had 42 participants from the Wagir Kidul community, including junior high school students to the elderly, in the fifth session. The follow-up plan for this community service is to continue the Quran Reading Development (BBQ) program until completing the recitation of eight books, which is estimated to take approximately nine months. Mayoritas masyarakat Wagir Kidul beragama Islam tetapi masih banyak yang belum tersentuh pendidikan baca Al-Qur’an. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an pada masyarakat desa Wagir Kidul Pulung Ponorogo, Indonesia. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini adalah metode Asset Based Community-Driven Development (ABCD) dengan lima tahap pelaksanaan yaitu; Inkulturasi, Discovery, Design, Define, dan Refleksi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah terlaksananya Bina Baca Al-Qur’an (BBQ) Metode ’Usmani dua kali tatap muka setiap minggunya dengan jumlah pertemuan sebanyak lima kali dengan peserta masyarakat Wagir Kidul usia SLTP sampai lansia sebanyak 42 peserta pada pertemuan kelima. Rencana tindak lanjut terhadap pengabdian masyarakat ini adalah BBQ  dilanjutkan sampai khatam delapan buku, waktu yang dibutuhkan kurang lebih sembilan bulan.

References

Ahmad Saifudin, Nafisatuzzahro’, Lestariningsih, Nining Haryuni, & Umi Nahdiyah (2022). Pendampingan Penggunaan Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Dengan Melalui Halaqoh Mu’alimil Qur’an (HMQ) Di TPQ Tarbiyatul Athfal Sumberasri. Maslahat, 3(1).
Andi Achru P. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. JURNAL IDAARAH, 3(2), 205-215.
Gunawan Patoni Amin, Ahmad Sodikin, dan Muhamad Ihsanudin (2022). Penerapan Cara Membaca al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Utsmani Terhadap Mahasiswa di Asrama Miftahul Huda. Al I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 74-82.
Nadhir Salahuddin, dkk (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya. LP2M, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Ulfatun Nadhiroh & Raden Rachmy Diana (2021). Implementasi Metode Usmani dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 8(2), 80-92.
Yunaita Rahmawati, Arik Dwijayanto, & Wisnu Aji Nugroho (2022). Pemberdayaan Peternak Sapi Perah melalui Pelatihan Pembuatan Produk Susu Varian Rasa di Pulung Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(1), 105-114.
Published
2023-08-17
Abstract views: 118 , PDF downloads: 257