Penggunaan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Sailul Ulum Desa Pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran Fiqih di MI Sailul Ulum Desa Pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dan dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, melibatkan peserta didik, guru, dan pihak administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi seperti laptop, PowerPoint, dan internet secara signifikan meningkatkan efektivitas dan kualitas pengajaran dengan membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, serta meningkatkan minat dan motivasi peserta didik. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan penguasaan teknologi oleh sebagian guru dan peserta didik, serta masalah koneksi internet. Kesimpulannya, meskipun teknologi informasi memberikan dampak positif, penting untuk mengatasi kendala tersebut dan meningkatkan keterampilan teknologi untuk memaksimalkan manfaat dalam pembelajaran.
References
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak.
Arasyiah, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(2), 1–9.
Bisri, H. (2019). Pengembagan Metode Pengajaran Tafsir di Pesantren.
Danim, S. (2006). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Ekowati, E., & Syafi’i, I. (2023). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. UNISAN JURNAL, 2(3), 144–152.
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117–140.
Hafidz, H., & Nashihin, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Surakarta. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 7(1), 196–213.
Hawa, S. (2023). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). JURNAL AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 19(2), 83–91.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10–15.
Irmayanti, A. P., Nelwati, S., Khadijah, K., Syamsi, S., & Maulana, F. (2024). UPAYA GURU FIQIH MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MINANGKABAU BERBASIS ISLAM DI MAN 2 PADANG. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8(1), 21–41.
Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310.
Jamhuri, M. (2017). Upaya Pendidikan Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pruten Ngembal Pasuruan. Jurnal Al-Murabbi, 2(2), 311–324.
Khamim, M. (2021). Penerapan media online berbasis google classroom dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pai di masa pandemi covid-19 di sman 2 ponorogo.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosdakarya.
Maksum, A. (2015). Model pendidikan toleransi di pesantren modern dan salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81–108.
Marzuki, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 14–25.
Meilani, I. (2022). Implementasi Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fiqih di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo.
Mulyawati, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Persilangan Melalui Metode Saintifik di Kelas IX SMP Negeri 19 Kota Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 3(1), 054–059.
Muspiroh, N. (2014). Integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran IPA di sekolah. Quality, 2(1), 168–188.
Nasution, U. F., Harahap, H. S., & Harahap, M. (2024). EFEKTIFITAS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SHALAT DALAM MENINGKATKAN MEMORI SISWA BIDANG STUDI FIQIH KELAS II SD AL WASHLIYAH BROMO. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5244–5250.
Pahrudin, A. (2019). Buku: Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran Pada Man Di Provinsi Lampung.
Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., & Purba, B. (2021). Metodologi penelitian ilmiah.
Paryadi, P. (2015). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Bahasa Indonesia di SMA. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(5).
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52.
Reza, M., & Usmaidar, S. H. (2023). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMK Swasta Gebang. Invention: Journal Research and Education Studies, 90–99.
Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.
Saihu, M. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Yapin An-Namiyah.
Sudarman, D. (2006). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 25–35.
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid i. CV Jejak (Jejak Publisher).
Syafrizal, M. (2020). Pengantar jaringan komputer. Penerbit Andi.
Syifa, S. N., Az-Zahra, A. M., & Rachman, I. F. (2024). Analisis infrastruktur teknologi, pelatihan pengajar dan tantangan dalam implementasi model pembelajaran literasi digital untuk mendukung SDGs 2030. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(2), 212–224.
Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745–26757.
Trisnawati, Z., Syahril, S., & Ansori, A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pasir Sakti. UNISAN JURNAL, 1(4), 18–27.
Wartoyo, F. X. (2022). Menakar korelatifitas merdeka belajar dengan sistem pendidikan nasional undang-undang nomor 20 tahun 2003 dan pancasila. Widya Pranata Hukum: Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 4(2), 140–153.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.
Yosita, Y., Purnama Sari, D., & Karolina, A. (2023). Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Upaya Mewujudkannya di MIN 1 Lebong.
Copyright (c) 2024 Erna Nur Ma'sumah, Nanik ernawati, Yuni vara Awalya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.