Peningkatan Nilai-Nilai Spiritual dalam Era Society 5.0 melalui Kitab Nashoihul 'Ibad
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi peran pembelajaran Kitab Nashoihul ‘Ibad dalam memperkuat nilai-nilai spiritual individu di era Society 5.0 yang ditandai oleh kemajuan teknologi tinggi. Kitab ini telah menjadi pedoman spiritual bagi banyak umat Islam selama berabad-abad, dan pertanyaan mendasar yang muncul adalah sejauh mana kitab ini tetap relevan dalam konteks masyarakat yang semakin terkoneksi secara digital. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks dan wawancara dengan individu yang telah mengikuti pembelajaran dari kitab ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kitab Nashoihul ‘Ibad tetap memiliki relevansi yang besar dalam memperkuat nilai-nilai spiritual, terutama dalam hal mengembangkan ketaatan kepada Allah, etika, dan moralitas dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dari kitab ini juga mendorong cinta dan penghargaan yang lebih dalam terhadap Rasulullah SAW serta mengajarkan pentingnya kesederhanaan dalam dunia yang semakin materialistis. Temuan ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana nilai-nilai spiritual dapat tetap relevan di tengah kemajuan teknologi. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Kitab Nashoihul ‘Ibad dapat menjadi alat yang efektif dalam menjalani kehidupan spiritual yang seimbang di era modern. Oleh karena itu, penelitian ini mendukung pentingnya menjaga keseimbangan antara kemajuan teknologi dan pertumbuhan spiritual dalam masyarakat Society 5.0.
References
Almutawallid, A., Sopu, S., & Santalia, I. (2024). Etika Kepada Tuhan, Manusia, dan Lingkungan Perspektif Filsafat Etika Islam: Ethics towards God, Humans and the Environment Perspective of Islamic Ethics Philosophy. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(1), 103–109.
Ardiansyah, A., & Nisa, K. (2023). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM PADA GEN Z DI ERA GLOBALISASI. 7(2).
Bahiyah, U. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0: Studi Pendekatan Filosofis. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7587–7593. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4179
Dedi, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur (Ditinjau Dalam Qs. Ali Imron …. al-Afkar, Journal For Islamic Studies.
FAHRUDDIN, M. A. (2022). STRATEGI KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI KALONG. http://digilib.uinkhas.ac.id/10803/1/M.%20Aris%20Fahruddin_0849319059.pdf
Fortuna, E. B. (2020). Pentingnya Kepemimpinan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. EduPsyCouns: Journal of Education ….
Fradana, H. (2024). PEMIKIRAN SYEKH NAWAWI AL-BANTANI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISIS KRITIS DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 5(1), 68–84.
Hosna, R. (2020). Teori Belajar Mengawal Era Society 5, 0. Dalam Jakarta: Beta Aksara.
Irfan, M. (t.t.). Pemikiran dan aktivitas dakwah Habib Muhammad Al-Athas. Diambil 2 Agustus 2024, dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/8584
Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., & ... (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian ….
Khoirudin, M. (2008). Peran kyai dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam pada santri di Pondok Pesantren Al-Arifin Denanyar-Jombang [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4105
Mabrura, V. N. (2016). Pengaruh Pelaksanaan pengajian kitab kuning (Kitab Nashoihul Ibad) terhadap ketaatan beribadah Mahasantri lembaga tinggi pesantren luhur malang [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4917
Maliya, I. A., Thohari, I., & Ertanti, D. W. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB NASHAIHUL’IBAD KARYA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 5(10), 76–87.
Maskur, M., & Sudrajad, A. (2021). Analisis Dakwah DR. KH. M. Imam Khaudli, M. Si Pada Pengajian Nashoihul Ibad Di Facebook Fanspage Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. JKaKa: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 1(2), 157–172.
M.Pd.I, D. R., M.Pd, A., M.Pd, M. S., M.Pd, H. A., M.Pd, B. inco, M.Pd, R., M.Pd, A. H. B. S. S. E., M.Pd, A., M.Pd, M., M.Pd, S., M.Pd, T. F. L. H., SH, M.Pd, S., M.Pd, A. M., M.Pd, H. D., & M.Pd, H. R. (2021). Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali. Dr. Rahmat, M.Pd.I.
MUBAEDAH ANA KHAFIYAH, N. : 3180053. (2023). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DALAM KITAB NASHAIHUL ‘IBAD [Other, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG]. http://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/76/
Muzakki, A. (2017). Eduspiring: Sekolah inspirasi, hidup berprestasi. UINSA Press. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2909/
Nanto, D. R. (2019). Pesantren Dan Radikalisme Kajian Khusus Pondok Pesantren Al-Hamid, Jakarta Timur Dalam Rangka Mencegah Paham Radikalisme [B.S. thesis, FISIP UIN Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49248
Nasiruddin, M., & Fitriani, L. (2023). Nilai dan makna spiritualitas dalam kitab futuhat makiyah karya Ibnu’Arabi: Analisis psikologi dakwah. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 9(2), 114–126.
Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2022). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66.
NIKMAH, A. F. (2021). PERAN PENGAJIAN KITAB NASHOIHUL IBAD TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH BALEN BOJONEGORO [PhD Thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro]. https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/884/
Paranita, S. (2023). Nilai-Nilai Nuju Jerami Sebagai Sumber Pendidikan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bangka. Jurnal Pendidikan dan Konseling ….
Rahmat, M. P. I., Afriyadi, M. P., Salele, M., Alawi, H., Rahman, M. P., Abd Hakim, B., Ardiansyah, M. P., Mujiyati, M. P., Sholeh, M. P., & Hakim, T. F. L. (2021). Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali (Vol. 1). Dr. Rahmat, M. Pd. I. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=57koEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA45&dq=Peningkatan+Nilai-Nilai+Spiritual+dalam+Era+Society+5.0+melalui+Kitab+Nashoihul+ibad&ots=zEY9yuHChN&sig=TsR0xZZ1MWJTjRswO_kCaxxcuh4
Saumantri, T. (2023). Construction of Religious Moderation in Seyyed Hossein Nasr’s Perennial Philosophy Perspective. Kanz Philosophia: A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 9(1), 89–112.
Su’aib, S. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB NASHOIHUL IBAD UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL FALAH BOJONEGORO [PhD Thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri]. https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/591/
Sukarno, M. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ERA MASYARAKAT 5.0.
Sya’diyah, S. A., Fauzi, A., & Maghfiroh, U. L. (2024). Model Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nashoihul Ibad Karya Syeikh Imam Nawawi Al-bantani. Jurnal Keislaman, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.54298/jk.v7i1.4033
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). LITERASI DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MENUJU ERA SOCIETY 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Ziatdinov, R., Atteraya, M. S., & Nabiyev, R. (2024). The Fifth Industrial Revolution as a Transformative Step towards Society 5.0. Societies, 14(2), 19. https://doi.org/10.3390/soc14020019
Copyright (c) 2024 Bima Nyu, Zaenuddin Zaenuddin, A Nasih Ahbab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.