Problematika Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Risti Khoirun Nisak
Siti Rofi'ah

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Dengan adanya media pembelajaran mampu memperkuat pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Namun, ada beberapa kendala yang sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis digital di MIN 3 Jombang dan menganalisis permasalahan guru kelas V dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital di MIN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, asistan kurikulum, guru kelas V, dan siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) MIN 3 Jombang sudah menerapkan media pembelajaran berbasis digital dalam proses pembelajarannya namun belum maksimal, karena ditemukan beberapa kendala yang menyertainya dan tidak semua media pembelajaran digital digunakan hanya beberapa saja. , seperti penggunaan video dan youtube. (2) faktor internal yaitu guru belum bisa mengoperasikan media digital dan kesulitan memahami media digital. Faktor eksternal yaitu faktor keberuntungan fasilitas yang memadai, dan tidak semua orang tua menerima penggunaan teknologi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP.
Budiyanto, C. (2022). Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan. CV. Azka Pustaka.
Hamdanah, & Hasanuddin, I. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT. IAIN Parepare Nusantara Press.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama masa Covid-19. jurnal literasi pendidikan dasar. Vol. 2. No. 2. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2).
Maisyarah, Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1).
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2).
Nurul Azkiya, Rila Marinda, N. H. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis ICT Di Ssekolah Dasar. Journal Prosiding: Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin.
Pratiwi, D., Larasati, A. N., Berutu, I. L., & Medan, U. N. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Abad-21. 5(2).
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1).
Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, M., Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Sandriani, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Focusky Terintegrasi Nilai-nilai Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI.
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas V SDN tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2).
Wibowo, H. (2012). Pengantar Teori-Teori dan Model-model Pembelajaran. Puri Cipta Media.
Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. Il. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2).