Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rena Fadilah Malik
Anggi Riafadilah
Sri Rahayu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar bangun ruang siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol, serta mengetahui model pendekatan yang sudah diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol. Populasi dalam peelitian ini adalah siswa SD Muhamadiyah Jonggol dengan sample diambil secara acak menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas V sehingga tidak ada kelas kontrol. Instrumen yang diginakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah tes pilihan ganda materi bangun ruang balok dan kubus. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Grup Tunggal Pretest-Posttest.


Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terkait hasil belajar materi bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol; (2) Terdapat  peningkatan hasil belajar materi bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 12–13. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.; H. Abadi, Ed.). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141–155. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226
Malik, R. F. (2017). Pendekatan methaporical thinking untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 45-60. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i1.2702
Malik, R. F., & Riafadilah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Peer Tutoring Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Smp. Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 48–57.
Narayani, Ni Pt. Utami Dewi.2019a. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2):220-229.
DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari, 1(2): 73-94.
DOI: https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Nurmalita, R. A., & Hardjono, N. (2020). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 47–53. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.543
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103.
Suciana, R. (2019). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Inpres Mangga Tiga Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Yusmanita, S., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). Penerapan Pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian. Jurnal Elemen, 4(1), 93-104.
DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.469