Intensifikasi Kompetensi Literasi dengan Metode Montessori pada Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyyah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Imronudin Imronudin
Ucu Astira

Abstract

Kajian ini membahas upaya megintensifikasi atau meningkatkan kompentensi literasi dengan metode Montessori pada siswa Madrasah Ibtidāiyyah (MI) di kelas rendah. Literasi bukan hanya sekedar membaca, menulis, dan berhitung. Literasi lebih dari itu, yaitu tentang kecakapan berfikir, mengidentifikasi, dan memanifestasikan apa yang telah dinalar dari teks dan sesuai konteks. Digunakan Montessori selain metode ini telah teruji lama, Montessori terfokus pada usia sensitif anak yang menurut kajian neurologi adalah masa keemasan anak yang tidak dapat diulang kembali dan harus dimanfaatkan. Metode ini juga mengusung konsep menyenangkan (friendly concept), humanis, dan menyediakan lingkungan yang sesuai dengan selera anak agar anak fokus pada potensinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbentuk naratif-deskriptif dan berjenis library research. Hasil dari penelitian ini adalah urgensitas periode sensitif pada anak karena di masa ini anak berkembang secara fisik, kognitif, sosial-emosional, dan literasi. Maka, komponen Montessori sebagai strategi, dideskripsiakn dan dioptimalisasi sehingga tercipta generasi literat, yaitu anak dengan kecakapan berfikir dan kemampuan menarik makna dari teks serta menguasai konteks.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aay, Aay. 2016. ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Montessori Pada Siswa Kelas I Di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur’. Jurnal Ilmiah PGSD 9(1):70–110.
Adams, Anne H. 2021. ‘Selected Principles and Methodology of Maria Montessori’. Educational Horizons 48:4.
Aulinda, Imanda Fikri. 2020. ‘Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini di Era Digital’. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):88. doi: 10.26858/tematik.v6i2.15550.
Ayşen Özerem and Rahme Kavaz. 2013. ‘Montessori Approach in Pre-School Education and Its Effects’. The Online Journal of New Horizons in Education 3(3).
Brillian Wijaya. 2019. Islamic Montessori. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka al Uswah.
Burstyn, Joan N., and Rita Kramer. 1979. ‘Maria Montessori’. History of Education Quarterly 19(1):143. doi: 10.2307/367814.
Chen, Amber. 2021. ‘Exploration of Implementation Practices of Montessori Education in Mainland China’. Humanities and Social Sciences Communications 8(1):250. doi: 10.1057/s41599-021-00934-3.
Davies, Simone, and Hiyoko Imai. 2019. The Montessori Toddler: A Parent’s Guide to Raising a Curious and Responsible Human Being. New York, NY: Workman Publishing.
Frankel, Katherine K., Bryce L. C. Becker, Marjorie W. Rowe, and P. David Pearson. 2016. ‘From “What Is Reading?” To What Is Literacy?’ Journal of Education 196(3):7–17. doi: 10.1177/002205741619600303.
Hariman Surya Siregar. 2023. Psikologi Perkembangan. 1st ed. edited by Miftahul Fikri. Bogor: Arabasta Media.
Harris, Anna. 2020. A Sensory Education. 1st ed. London: Routledge.
Hinitz, Blythe. 2018. ‘Maria Montessori’s Legacy: Twenty-First-Century Peace Education’. TCNJ Journal of Student Scholarship XX.
Ihsan, Indah Purwitasari, Muh Sakir, and Farida Yusuf. 2022. ‘PUZZLE ELEKTRONIK MONTESSORI SAND BOARD LETTER (SBL) UNTUK EDUKASI SUKU KATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI’. Teknosains: Media Informasi Sains Dan Teknologi 16(1):1–10.
Irawati, Luci. 2023. ‘Artikel Implementasi Pembelajaran Practical Life Dan Sensorial Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Omah Uthie Daycare Cibinong’. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(11):8514–20.
Isaacs, Barbara. 2010. ‘Bringing the Montessori Approach to Your Early Years Practice’. Routledge.
Isnania, Rahma, Nanang Martono, and Tri Rini Widyastuti. 2020. ‘Habitus Anak dalam Buku Seri Cerita "Kecil-Kecil Punya Karya’. Jurnal Neo Societal 5.
Ivy Maya Savitri. 2019. Aktivitas Montessori Stimulasi Indra Dan Bahasa. 1st ed. edited by Fitri Nurul Aulia. Jakarta Selatan: Cikal Aksara.
Jolasa, Vincensius Y. 2009. ‘Pierre Bourdieu dan Pemikirannya tentang Habitus, Doxa dan Kekerasan Simbolik’. Universitas Indonesia 1.
Keefe, Elizabeth B., and Susan R. Copeland. 2011. ‘What Is Literacy? The Power of a Definition’. Research and Practice for Persons with Severe Disabilities 36(3–4):92–99. doi: 10.2511/027494811800824507.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2023. Buku Saku Benahi Literasi Melalui Pembelajaran Dan Asesmen. Vol. 1. 1st ed. Indonesia: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kh, Maman, and Dede Ridwan. 2006. Metodologi Penelitian Agama Teori Dan Praktik. 1st ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Koleva, Dr Irina, Dr Recep Efe, and Dr Emin Atasoy. 2015. Education in the 21st Century: Theory and Practice. Tukey: St. Kliment Ohridski University Press.
Koleva, Irina, and Gökhan Duman. 2017. Education Research and Practice. Ankara: ST. KLIMENT OHRIDSKI UNIVERSITY PRESS.
Lee Elliott. 1967. ‘Montessori’s Reading Principles Involving Sensitive Period Method Compared to Reading Principles of Contemporary Reading Specialists’. International Literacy Association and Wiley 21.
Maria Montessori. 1912. The Montessori Method Scientific Pedagogy as Applied to Child Education in ‘The CHildren’s Houses’ With Additions and Revision by The Author. 1st ed. England: Harvard University.
Maria Montessori. 2020. ‘Montessori Metode Pendidikan’. in Dr. Montessori’s Own Handbook. Yogjakarta: Bentang.
Maria Montessori. 2023. ‘Advantages of Montessori’.
Masganti Sit. 2017. Psikologi Perkembangan Anak. 1st ed. Depok: Kencana.
Meilanie, R. Sri Martini. 2020. ‘Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini’. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):958–64. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.741.
Melsiana, Angelina Karen, and Trivena Dyah Wijayanti. 2023. ‘Pengembangan Media Mixed Sensory Table Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun’. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(11):9474–78.
Merieme Kasour, Naceur Achtaich, and Khadija Achtaich. 2023. ‘The Montessori Pedagogy in Morocco: State of the Art from a Qualitative Perspective’. Journal of Hunan University Natural Sciences 50(6). doi: 10.55463/issn.1674-2974.50.6.16.
Milton, John, and Paradise Regained. 2023. ‘Maria Montessori’s: The Secret of Childhood: Understanding the Montessori Method - Genesis, Development and Critique’. Students’ Journal of Education and Development 1.
Montessori, County Meadows. 2018. ‘Montessori, The Philosophy’. Addlo Montessori Training Center. Retrieved 15 November 2023 (https://addlomontessoritrainingcenter.com/wp-content/uploads/2020/09/TMTP-Philosophy-1.pdf).
Putri, Annisa Kirana. 2023. ‘Implementasi Metode Islamic Montessori dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Sekolah Kiswah Tangerang Selatan’. Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ), Jakarta.
Rosydawati, Albina Godelia, and Fransiskus De Gomes. 2023. ‘Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Longga Leke Di TK Negeri Werang’. Montessori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):59–65.
Seldin, Tim. 2017. How to Raise an Amazing Child the Montessori Way. Second edition. New York, New York: DK.
Siregar, Mangihut. 2016. ‘Teori “Gado-gado” Pierre-Felix Bourdieu’. Jurnal Studi Kultural 1(2).
Sumaryono, E. 1999. Hermeneutik, sebuah metode filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Tuyet, Dinh Thi, and Nguyen Thi Nhu Quynh. 2021. ‘Learn about Some Advantages and Disadvantages of Applying Montessori Education Method in Vietnam’.
Yusshinta, Firda. 2023. ‘Implementasi Model Montessori Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia 5-6 Tahun’. Jurnal Golden Age 7(1).
Zahra Zahira. 2019. Islamic Montessori Inspired Activity. 1st ed. Yogjakarta: Bentang Pustaka.