Implementasi Program Tahfidz Al Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Komarodin Komarodin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program tahfidz Al Qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an di SDIQu Al Bahjah 03 tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design.


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.


Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Konsep program tahfidz Al-Qur’an di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung yaitu program tahfidz Al-Qur’an memiliki tujuan mewujudkan visi misi sekolah yaitu mencetak generasi Qur’ani yang cerdas berintelektual, kebanggaan orang tua dan berakhlakul karimah, pembelajaran berbasis metode tashili yang terintegrasi dalam kurikulum muatan lokal. Metode tashili adalah metode yang mempelajari Al-Qur’an dengan mudah, cepat, dan benar dengan ciri khas sistematika huruf hijaiyah dikelompokkan berdasarkan makhraj dan irama bacaan menggunakan nahawan dengan diayun. Target hafalan minimal 1 juz maksimal 10 juz dengan baik dan benar dalam masa 6 tahun belajar di SDIQu

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abdulwaly, Cece, Rahasia dibalik hafalan para ulama. Yogyakarta: Laksana, 2019.

Agustinova, Danu Eko, Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Calpulis, 2015.

Al-Qathhan, Syaikh Manna, Ulumul Qur’an (Pengantar Studi Ilmu Al- Qur’an), terj. Anunur Rafiq El-Mazni. Jakarta Timur: Putaka Al- Kautsar. 2015.

Ancok, Djamaludin, Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arifin, Gus dan Suhendri Abu Faqih, Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya Ajak Dan Ajari Anak-Anak Kita Mencintai, Membaca, Dan Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Elex Media Koputindu, 2010.

Arikunto Suharsimi dan Cepi Syafrudin, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Asmani, Ma’mur, Jamal, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogyakarta, Diva Press, 2011.

Asmani, Ma’mur, Jamal, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogyakarta, Diva Press, 2011.

Asmani, Ma’mur, Jamal, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogyakarta, Diva Press, 2011.

Atikah, Nur Faizah, Pengembangan Budaya Religius di SMP Telkom Purwekerto, IAIN Purwekerto, diterbitkan 2019

Chairoaini, Lisya dan Subandi, Psikologi Santri Menghafal Al-Qur’an: Peran Regulasi Dir,. Yogjakarta: Pustaka Belajar, 2010.

Darajat, Zakiyah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2014.

Dewi, Vivi Kusuma, Implementasi Pembelajaran Tahfid Alquran di Pondok Pesantren Baitul Jannah Surabaya. UIN Sunan Ampel: Skripsi diterbitkan, 2019

Fardiansyah, Dani, Implikasi Program Tahfidz Terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. IAIN Ponorogo: Skripsi diterbitkan, 2019

Hardani, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.

Herminanto dan Winarno, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hermino, Agustinus, Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan: Tinjauan perilaku Organisasi Menuju Comperehensif Multilevel Planning, Jakarta: PT. Gramedia, 2013.

Hidayah, Nurul, “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Ta’allum. 4.1: 63-81, 2016.

Hidayah, Nurul, “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Ta’allum. 4.1, 2016.

Hidayatullah, Memoar Menghafal Al-Qur’an, Depok: Tauhid Media Center, 2010.
Komariyah, Aan, Visionary Leadership menuju Sekolah Efektif, Jakarta, Bumi Aksara, 2005.

LP2M, Pedoman Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2022-2023, Tulungagung: STAI Diponegoro, 2023.

Machmud, Ammar, Kisah penghafal Al-Qur’an: Disertai Resep Menjadi Penghafal Al-Qur’an Dari Para Pakar, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

Majis, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Majis, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mardiah. Syarifuddin, “Model-Model Evaluasi Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 2.1, 2018.

Moleong J. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2009.

Purba, Pratiwi Bernadetta. Dkk, Kurikulum dan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Qamar, Mujamil, Kesadaran Pendidikan: Sebuah penentu Keberhasilan Pendidikan, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Qamar, Mujamil, Kesadaran Pendidikan: Sebuah penentu Keberhasilan Pendidikan, Jogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2012.

Ridwan, Taufik. Ahmad Lutfy, “Studi Deskriptif Program Tahsin Al-Qur‟an Metode Tashili di Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Kabupaten Cirebon”. Jurnal Syntax Idea. 3(1): 109-120, 2019.

Sa’adullah, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran., Depok, Gema Insani, 2008.
Sahlan, Asmaun, Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Setiadi, M. Elly, Ilmu Sosial Budaya dan Dasar, Jakarta: Kencana, 2010.
Siyoto, Sandu, M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing. 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2016.

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Tarigan, Azhari Akmal, Tafsir Ayat-ayat Ekonomi sebuah Ekspolasi melalui Kata-kata Kunci dalam Alquran. Medan: Ciptapustaka Media Perintis. 2012.

Umar, Implementasi Pembelajaran Tahfidz Alquran di SMP Luqman Al- Hakim. Jurnal Pendidikan Islam. 6.1, 2017

Walidin, Warul. Dkk, Metodologi Penelitian Kualitatif&Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press, 2015.
Wijaya, Ahsin, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung, 1990.
Zainuddin, Muhammad, Analisis Pelaksanaan Pogram Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kefasihan Siswa Pada Kegiatan Pengembangan Diri Dimts Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Tidak diterbitkan, Kudus: Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus, 2016.