Penerapan Media Big Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.5295Keywords:
Big Book, Hasil Belajar, Media Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas I, terdiri dari 6 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 59% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 70,71, meningkat menjadi 77,86 pada siklus 1, dan mencapai 89,5 pada siklus 2. Kesimpulannya, penggunaan media big book efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi guru dan praktisi pendidikan dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas I, terdiri dari 6 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 59% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 70,71, meningkat menjadi 77,86 pada siklus 1, dan mencapai 89,5 pada siklus 2. Kesimpulannya, penggunaan media big book efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi guru dan praktisi pendidikan dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
References
Dalman. 2014.Kemampuan membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Fajriani, Rahayu Nur. “Meningkatkan keterampilan membaca awal melalui media buku besar bagi siswa kelas I.” Pendidikan Dasar 7.1 (2018): 58-65.
Iskandar, H. (2010), Menumbuhkan minat, Mengembangkan Bakat. Jakarta: PT. Buku ST.
Jannah, Faridatul (2024). Memahami Media Big Book Untuk Hasil Belajar Siswa Kelas I
Kurniawan, Ardy. 2014. Peningkatan minat dan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Lightening the Learning Climate pada siswa kelas V SD 01 Tawangmangu tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi. Surakarta: fakultas keguruan dan pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan keterampilan membaca melalui media big book pada siswa kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60-78.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prastiwi, Ribut (2024), Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Bumi Aksara
Pratiwi, Yurike Sofyaning. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Media “Buku Besar”.” Pendidikan Dasar 7.18 (2018): 1-716.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suyanto, K. (2015). Bahasa Inggris Untuk Pembelajar Muda. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyanto, S. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Triwiyanto, Teguh. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Usaid Prioritas, 2014. Pembelajaran Literasi Kelas Awal SD/Mi di LPTK: Usaid Prioritas.
Wardani, I. (2010). Sifat penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yamin, Moh. 2015. Teori metode pembelajaran (konsepsi, strategi dan praktik pembelajaran yang membangun karakter). Malang: Madani.