Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Teknik Make A Match pada Siswa Kelas III SDN Dukuh Lembeyan

  • Choirul Imam IAI Sunan Giri Ponorogo
  • Choirul Imam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Dukuh Lembeyan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan teknik make a match. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Dukuh Lembeyan yang berjumlah 37 orang, yakni terdiri atas 20 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan desain setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu menyusun rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari pengamatan selama pelaksanaan tindakan dan tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 37 orang peserta tes, jumlah siswa yang tuntas 20 orang (54,05%) sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 34 orang (91,89%). Kenyataan ini membuktikan bahwa penerapan teknik make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Dukuh Lembeyan dalam pembelajaran sifat wajib Allah SWT. Hasil tersebut memberikan dampak positif terhadap kegiatan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Published
2024-01-23
Abstract views: 80 , pdf downloads: 59