Perkembangan Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional dan Konteks Sosial
Keywords:
Kognitif 1; Bahasa 2; Sosial Emosional 3Abstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara perkembangan kognitif, bahasa, dan sosial emosional pada anak-anak dalam konteks sosial yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana aspek-aspek perkembangan tersebut saling berinteraksi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosial mereka. Metodologi yang digunakan melibatkan studi kasus longitudinal dengan pengamatan terstruktur serta wawancara dengan orang tua dan pendidik. Data yang dikumpulkan mencakup tes perkembangan kognitif, penilaian kemampuan bahasa, serta evaluasi kesejahteraan sosial emosional anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara perkembangan bahasa dan kognitif, dengan pengaruh positif dari konteks sosial yang mendukung terhadap kesejahteraan sosial emosional anak. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya lingkungan sosial yang kaya dan mendukung dalam memfasilitasi perkembangan holistik anak. Kesimpulan dari penelitian ini menyarankan perlunya pendekatan yang terintegrasi dalam mendukung perkembangan anak, yang mencakup intervensi berbasis komunitas dan dukungan sosial.