Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa dalam Menghadapi Era Disrupsi di Smpn 1 Sawoo

Authors

  • Wikanursekti kurnia dewi mahasiswi IAIN PONOROGO

Keywords:

Learning Strategies, Cognitive Aspects, Era of Disruption

Abstract

Era disrupsi menuntut pendidikan untuk menghasilkan siswa dengan kemampuan kognitif yang unggul, adaptif, dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan aspek kognitif siswa di SMPN 1 Sawoo. Dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil temuan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah, kolaborasi, dan integrasi teknologi berperan signifikan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa. Guru menggunakan pendekatan eksploratif dengan melibatkan siswa dalam memecahkan masalah nyata dan menilai sumber belajar interdisipliner. Selain itu, penerapan teknologi seperti pembelajaran digital dan media interaktif mendorong siswa untuk lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru terkait teknologi dan desain pembelajaran yang inovatif sebagai langkah untuk beradaptasi dengan tantangan di era disrupsi.

Downloads

Published

2024-12-14

Issue

Section

Articles