Pengaruh Menggambar Bebas terhadap Kemampuan Bercerita Anak
The Effect of Free Drawing on Children's Storytelling Ability
DOI:
https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v2i02.1703Keywords:
Anak Usia Dini, Kemampuan Bercerita, Menggambar Bebas.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh menggambar tangan bebas terhadap keterampilan mendongeng anak di KB Nusa Indah II Kabupaten Batang Hari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan penelitian. Populasi penelitian adalah 20 siswa, sampel penelitian terdiri dari 20 siswa, 7 siswa penelitian, dan 13 siswa penelitian. Alat utama yang digunakan adalah survei. Hipotesis penelitian yang penulis lakukan di KB Nusa Indah II Desa Amper Tuo Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batang Hari bahwa keterampilan mendongeng gambar tangan anak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendongeng anak.
Hasilnya menunjukkan bahwa: Hasil uji ANOVA pada tabel di atas menunjukkan nilai F hitung sebesar 2,302 dan nilai F tabel sebesar 0,23, nilai F hitung lebih besar dari F tabel (2,302 > 0,23) yang berarti variabel bebas (x) diplot secara bersama-sama (bersamaan) berarti memiliki Hal ini berpengaruh positif terhadap variabel kemampuan bercerita (Y) dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian 'pengaruh gambar bebas terhadap kemampuan mendongeng' adalah 'diterima'. Indikator Karakter Bebas: Kreativitas, Imajinasi, Inovasi, dan Mendongeng Indikator: Kefasihan, Penalaran, Keberanian. Dengan cara ini, pengaruh menggambar bebas terhadap keterampilan membaca anak berdampak besar pada keterampilan anak.
References
Arieantho, R. R. (2019). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter perspektif Kevin Ryan dan Karen Bohlin yang terkandung dalan novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Dini, J. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Jamilah, N. (2021). Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan Larangan Pamekasan. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi.
Lita, L. (2018). Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya Terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Mekarraharja. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 97–110.
Nugroho, F. A. S. M. (2019). Peningkatan Minat Baca dan Literasi Sains Menggunakan “Bacem Tempe” Di SMP Negeri 6 Temanggung. Proceeding of Biology Education, 3(1), 150–160.
Purnomo, T. W., Ginting, M., & Putri, R. N. (2019). Peningkatan Kreativitas Menggambar Melalui Model Explicit Intruction Pada Siswa Kelas IV SDN Wanasari 12 Cibitung. SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED, 2(1), 353–362.
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114–130.
Sastradipura, R. A., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8629–8637.
Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).
Sugiono, J. P. S. (2019). Pengaruh Persepsi Atas E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa. UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
Yenti, Y., & Maswal, A. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2045–2051.
Yusup, M., Marzani, M., & Paramita, M. (2021). The Influence of the Scientific Approach on the Learning Interest. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 327–335.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Absorbent_mind; Journal of Psychology and Child Development allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.
License:
- Attribution: You must provide an appropriate name, include a link to the license, and certify that changes have been made. You can do this in an appropriate manner, but do not imply that the licensor supports you or your use.
- Share Alike: If you compose or make derivatives of these materials, you must distribute your contributions under the same license as the original materials.
- No additional restrictions: You may not use legal provisions or technological means of control that legally restrict others from doing the things this license allows.
You are free to:
- Share, copy, and redistribute this material in any form or format.
- Adapt, modify, and create derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes.
- The licensor cannot revoke the above terms as long as you comply with the terms of this license.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).