Media Pengembangan Bakat Dan Ketrampilan Santri Pondok Pesantren Nur Fadhilah Dalam Pengoptimalan Sumber Daya Manusia

  • Mugi Nurcahyo Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: pemberdayaan pemuda, pemberdayaan santri, pondok pesantren

Abstract

Absract : empowerment of students and youth in a boarding school that is in the midst of society as an effort to develop human resources in fields that may someday students already be in the community. The reason for the HR development program being implemented in this Islamic boarding school is to remember the human resources that are owned or the potential that is in vain at a young age who should have gained experience as a provision for the next life which is now being replaced with things that are not important. For this reason, this Islamic boarding school implements the program. The approach or research method used in the empowerment is education carried out by Islamic boarding schools to students and youth through skills training and social sciences. The result of this program is to train local students and youth, apart from getting knowledge of the Islamic boarding school, they also get provisions which can then be applied in their respective communities.

Keywords: empowerment of youth and students, islamic boarding schools Nur Fadhilah

Abstrak : pemberdayaan santri dan pemuda di dalam sebuah pondok pesantren yang berada di tengah masyarakat sebagai upaya dalam mengembangkan SDM pada bidang yang mungkin nanti kelak santri sudah berada di masyarakat. Program pengembangan SDM  yang diterapkan di pondok pesantren ini, yaitu mengingat SDM yang di miliki atau potensi yang sia-sia di usia muda yang harusnya sudah mendapat pengalaman untuk bekal masa depan terganti dengan hal yang kurang penting, untuk itu pondok pesantren ini menerapkan program tersebut. Pendekatan atau metode penelitian yang di gunakan dalam pemberdayaan tersebut ialah edukasi yang di lakukan oleh pondok pesantren kepada santri dan pemuda melalui pelatihan ketrampilan dan ilmu sosial. Hasil dari program ini adalah untuk melatih santri dan pemuda setempat selain mendapat ilmu pengetahuan pondok, mereka juga mendapat bekal ilmu dan pengalaman yang kemudian dapat mengaplikasikanya di masyarakat masing-masing.

Kata kunci : pemberdayaan pemuda dan santri, pondok pesantren Nur Fadhilah

References

Al Barrett Asset-Based Comunity Development : A Theologichal Reflection, ( Birmingham Vicar Of Hodge Hill Church, 2013), Hal.5.
Christopher Dureau, Pembaru Dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan, ( Canberra: Australian Community Development And Civil Society Strengthening Schame ( Access) Phase ii,2013) , Hal. 39.
Dapartemen Pendidikan Dan Kebudayaan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indosesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1996, h. 747
Dapartemen Agama RI, Pedoman Penyelenggaraan Dan Pembinaan Madrasah Diniyah (Jakarta: Depag, 2000), H. 7.
Didin Hafhiduddin, Dakwah Aktual, cet. I (Jakarta: Gema Insani, 1998), 120.
Disarikan dari Ahmad Faozan, “Pondok Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi”, Jurnal Ibda’, Vol. 4, No. 1 (Juni, 2006): 1-12.
Ebah Suaiybah, “Pemberdayaan Ekonomi Santri Melalui Penanaman Jamur Tiram (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Ma’muroh Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan Jawa Barat)”, Skripsi (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009), 4.
Header Amin, El-Saha Islam, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren Dan Madrasah Diniyah (Jakarta:Diva Pustaka, 2004),H. 39.
Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Management, Cet II (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995), H. 8.
Pemuda Indonesia Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Masa Kini,” Paisal Anwar S.H.,M.H-Opini, 10,2019, berita cianjur.com
Suhartini, “Problem Kelembagaan Pengembangan Ekonomi Pesantren”, dalam Pustaka Pesantren (ed.), Manajemen Pesantren (Yogyakarta: LKIS, 2009), 233.
Syaifudin & Nurmawati, Peengelolaan Pendidikan Mengembangkan Ketrampilan Management Pendidikan Menuju Sebuah Efektif (Medan: Perdana Publishing, 2011), H. 16.
Syaifudin, Management Lembaga Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press, 2005), H.41.
Tentang peran pesantren yang demikian, lihat Taufik Abdullah, Islam dan Masyarakat (Jakarta:LP3Es, 1996), iii.
Winardi, Asas-Asas Management, Cet III ( Bndung: Alumni, 1993), H. 4.
Zainudin ( 26 september 2015 ). “tahlilan dalam prespektif ( historis, sosiologis,pisikologis,antropologis )“.UIN maulana Malik Ibrahim Malang.
Published
2021-05-19
How to Cite
Nurcahyo, M. (2021). Media Pengembangan Bakat Dan Ketrampilan Santri Pondok Pesantren Nur Fadhilah Dalam Pengoptimalan Sumber Daya Manusia. Journal of Community Development and Disaster Management, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.37680/jcd.v3i1.1206
Abstract views: 536 , PDF (Indonesia) downloads: 581