Review Process

Artikel penelitian yang masuk ke jurnal ini akan di-  peer review  oleh setidaknya 2 (dua) atau lebih reviewer ahli yang memiliki dan / atau tidak (berpotensi) konflik kepentingan dengan penulis. Artikel akan dikirim ke peer reviewer untuk mendapatkan proses  Blind Peer Review  dan akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi. Para pengulas memberikan komentar berharga ilmiah yang menyempurnakan isi naskah.

Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar pengulas. Publikasi artikel yang diterima termasuk urutan artikel yang diterbitkan akan dilakukan oleh Pemimpin Redaksi dengan mempertimbangkan urutan tanggal diterima dan sebaran geografis penulis serta masalah tematiknya.

Skrining untuk Plagiarisme

Untuk memastikan bahwa artikel yang dikirimkan dan diterbitkan bebas dari plagiarisme, editor akan menggunakan perangkat lunak berbasis web Turnitin untuk memeriksa indeks kesamaan dengan standar kualitas 20%. Proses ini dilakukan pada saat penulis pertama kali mengirimkan artikel ( submission ) dan kedua atau berikutnya ( revisi / setelah direvisi berdasarkan masukan reviewer).

Jika artikel sudah memenuhi standar maka artikel tersebut dapat diproses ke tahap selanjutnya (review atau publish). Jika tidak, penulis akan diminta untuk memperbaikinya.

Selain menggunakan Turnitin, editor juga akan memeriksa dengan Google Cendekia dan sarana lainnya. Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa artikel tersebut bukan hasil plagiarisme atau sudah dikirim / dipublikasikan ke jurnal lain (double submission).