Efektivitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Wangkelang

The Effectiveness of Management of Village-Owned Enterprises (BUMDES) in Improving Community Welfare Wangkelang Village

  • Alfina Ardianti Saputri IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Istiqomah Istiqomah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Effectiveness of BUMDES, Society, Improving welfare, Management

Abstract

Kesejahteraan tertuang dalam Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial. Kesejahteraan dapat diwujudkan melalui pembangunan desa. Wujud dari pembangunan desa salah satunya adalah dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang merupakan lembaga ekonomi desa dengan tujuan untuk dapatĀ  meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan dapat mensejahterakan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas BUMDES dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlokasi di Desa Wangkelang dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa BUMDES Berkah Sejahtera telah cukup efektif namun belum maksimal karena belum adanya pengembangan unit usaha yang baru. Sehingga efektivitas BUMDES dalam kesejahteraan pun hanya dapat dirasakan oleh segelintir masyarakat saja, seperti pengelola BUMDES.

References

Alviant. (2022). Efektivitas Pengelolaan BUMDES Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Institut Agama Islam Negeri Pare Pare.

BPKP. (2014, Desember 19). Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan. Retrieved Fabruari 21, 2023, from Badan Pengawas Kuangan dan Pembangunan: www.bpkp.go.id

BPS. (2022). Indikator Kesejahteraan Rakyat 2022. Jakarta: CV Daffa Putra.

Hekmatyar, V. (2021). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Pemberdayaan Sosial di Desa Pejambon, Sumberrejo, Bojonegoro, Jawa Timur. Jurnal Empower:Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 156-166.

Kemendesa. (2021, Oktober 19). Kementrian Desa, Pembanguna Daerah Teringgal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Retrieved November 14, 2022, from kemendesa: www.kemendesa.go.id

Munawaroh, M., & Istiqomah. (2022). Upaya Pengentasan Kemiskinan Melalui Kewirausahaan Ibu Rumah Tangga (Studi Kasus Home Industri Rempeyek Kacang Tanah dan Rebon di Rt 07 Desa Kulur). Journal For Islamic Social Sciences, 31-40.

Sakdiah, H. (2018). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Di Desa Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.

Published
2023-05-22
How to Cite
Saputri, A., & Istiqomah, I. (2023). Efektivitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Wangkelang. Journal of Community Development and Disaster Management, 5(1), 1-6. https://doi.org/10.37680/jcd.v5i1.2754
Abstract views: 578 , PDF (Indonesia) downloads: 446