Filantropi Sosial: Program Sekolah Nusantara Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Riau

Social Philanthropy Through the Nusantara School Program of the Nusantara Children's Smile Community Chapter Riau for Educational Services for Remote Children

Authors

  • Tita Latifah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Pipir Romadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.6705

Keywords:

Nusantara School, Senyum Anak Nusantara Community, Social Philanthrophy

Abstract

Tulisan ini membahas filantropi sosial berbasis pendidikan di Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Riau. Filantropi yang dilakukan berbeda dengan kegiatan filantropi pada umumnya. Relawan mengorbankan waktu, tenaga untuk mengajar anak-anak yang berada di daerah terpencil. Kepedulian relawan juga dapat dilihat dari kegigihan mencari inovasi dalam pembelajaran dan juga memberikan dorongan kepada anak-anak tersebut. Artikel ini akan menjawab pertanyaan utama yaitu bagaimana bentuk kegiatan filantropi sosial berbasis pendidikan oleh Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Riau? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode etnografi yang bersumber dari penelitian lapangan di Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Riau melalui wawancara. Lalu dianalisis dengan literatur sebelumnya yang relavan, sebagai tambahan informasi. Peneliti menggunakan metode etnografi melalui akun instagram @san.riau.2021 dan @san.id.2019. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Riau sebagai wadah bagi generasi muda untuk melakukan kegiatan sosial terutama di bidang pendidikan terutama di wilayah terpencil. Kegiatan filantropi tidak hanya pemberian materi namun bisa juga dengan jasa atau non materi.

References

Abdussamad, H Zuchri, dan M Si Sik. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn

Adinda Zakiyah Ersal. 2024. Wawancara Alasan Bergabung Sekolah Nusantara 2023.

Andariyah, Satik, dan V Teguh Suharto. 2017. “Pelaksanaan model pembelajaran kelompok melalui kegiatan partisipatif dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan wisata siswa SD Negeri Jaten 1.” Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya 1 (2): 63–70. https://doi.org/10.25273/linguista.v1i2.1974

Annisa Fitri. 2024. Wawancara Alasan Bergabung Sekolah Nusantara 2023.

Azami, Ahmad Fadli, dan Muhammad Najib Azca. 2024. “Melampaui Binaritas: Studi Filantropi Islam di Indonesia.” Masyarakat Indonesia 49 (2): 161–74. https://doi.org/10.14203/jmi.v49i2.1365

Bakry, Umar Suryadi. 2017. “Pemanfaatan metode etnografi dan netnografi dalam penelitian hubungan Internasional.” Jurnal Global & Strategis 11 (1): 15. https://doi.org/10.20473/jgs.11.1.2017.15-26

Firdaus, Firdaus, Sulfasyah Sulfasyah, dan Hanis Nur. 2018. “Diskriminasi pendidikan masyarakat terpencil.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 6 (1): 33–43. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1796

Hidayatullah, Hasto, Gendut Sukarno, dan Dewi Khrisna Sawitri. 2023. “Analisis Etos Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Volunteer Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Trenggalek.” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 4 (1): 910–20. https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1368

Isman, Ainul Fatha. 2023. “Kesejahteraan berbasis Pemberdayaan Filantropi Zakat: Analisis pada Aspek Ekonomi, Sosial, Pendidikan, dan Kesehatan.” Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan 3 (1): 27–36. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v3i1.83

Jusuf, Chusnan. 2007. “Filantropi modern untuk pembangunan sosial.” Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial 12 (1): 74–80.

Maftuhin, A. 2017. Filantropi Islam: Fikih untuk Keadilan Sosial. Magnum Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=FgXzDwAAQBAJ.

Mansur, Yusuf, dan Luthfi Yansyah el-Yansyah. 2008. An introduction to the miracle of giving: Pengantar keajaiban sedekah. Zikrul Hakim.

Meidina, Ahmad Rezy, Mega Puspita, dan Mohd Hafizi bin Tajuddin. 2023. “Revitalisasi Makna Filantropi Islam: Studi Terhadap Pandangan Nahdlatul Ulama dan‎ Muhammadiyah‎.” El-Uqud: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah 1 (1): 1–13. https://doi.org/10.24090/eluqud.v1i1.7634

Muhammad Faizal. 2024. Wawancara Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Riau.

Muhammad Hilal Pratama. 2024. Wawancara Alasan Bergabung Sekolah Nusantara 2023.

Nurfatiha Faiza. 2024. Wawancara Program Sekolah Nusantara 2023.

Pramana, M Agung, dan Pitra Ariadi. t.t. “Gerakan Baru Kemanusiaan: Filantropi Islam di Yayasan Al-Hidayah, Kampar, Riau.” Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 7 (1): 74–90. https://doi.org/10.14421/panangkaran.v7i1.3159

Santoso, Djonet. 2019. Administrasi publik: Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Seftiani, Tika, Ajeng Jean Rica, dan Suryani Eka Agustina. 2022. “Partisipasi Pemuda Dalam Pengembangan Komunitas Senyum Anak Nusantara Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat.” Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (03): 308–15. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i03.5274

Sinta, Ari Dyah, dan M Falikul Isbah. 2019. “Filantropi dan Strategi Dakwah Terhadap Mualaf: Kolaborasi Mualaf Center Yogyakarta, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat di Yogyakarta.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 13 (1): 15–31. https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2284

Somantri, Gumilar Rusliwa. 2005. “Memahami metode kualitatif.” Makara Human Behavior Studies in Asia 9 (2): 57–65. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Tamim, Imron Hadi. 2016. “Filantropi dan pembangunan.” Jurnal Community Development 1 (1): 121–36.

Widianto, Ahmad Arif. 2018. “Aktivisme, Filantropi Sosial Dan Pemberdayaan Perempuan Di Yogyakarta: Studi terhadap Dinamika Aktivisme Yayasan Sahabat Ibu dalam Pemberdayaan Perempuan di Yogyakarta.” Jurnal Sosiologi Reflektif 12 (2): 193–212. https://doi.org/10.14421/jsr.v12i2.1316

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Latifah, T., & Romadi, P. (2025). Filantropi Sosial: Program Sekolah Nusantara Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Riau: Social Philanthropy Through the Nusantara School Program of the Nusantara Children’s Smile Community Chapter Riau for Educational Services for Remote Children. Journal of Community Development and Disaster Management, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.6705