Author Guidelines

Semua informasi tentang persyaratan pemformatan terdapat dalam templat ini. Harap tinjau dengan cermat. Anda dapat menggunakan dokumen sebagai template dan menyalin / menempelkan konten artikel Anda di sini - ini mungkin opsi termudah. Beberapa gaya telah disertakan dalam templat ini untuk memfasilitasi pemformatan - Anda mungkin merasa lebih mudah menggunakannya daripada memformat setiap segmen secara berbeda.

Batasan panjang dokumen adalah sebagai berikut.

  1. Abstrak tidak boleh melebihi 200 kata; selanjutnya, judul, pengarang, abstrak, kata kunci, dan referensi dikecualikan dari (tetapi semua teks, gambar, tabel, dan lampiran disertakan dalam) jumlah halaman keseluruhan yang diberikan berikutnya. Jumlah halaman tiap makalah adalah satu (1) halaman. (Cambria, 12). Kata kunci: kata atau frase yang penting, spesifik, atau mewakili artikel.
  2. Artikel harus ditulis antara sekitar 4000-6000 kata termasuk teks tubuh, semua tabel, gambar, catatan, dan daftar referensi. Artikel harus ditulis dalam dokumen word (MS word), spasi 1,5, dan gaya Cambria. Kertas harus disiapkan dalam ukuran kertas A4 (21cm x 29,7cm) dengan menggunakan 2,54 cm untuk margin dalam, 2,54 cm untuk margin luar, dan 2,54 cm untuk margin atas dan bawah. Tidak perlu mengubah nomor halaman dalam templat ini karena nomor halaman akan disusun ulang pada proses pracetak.
  3. Penulis disarankan untuk mempresentasikan artikelnya dalam struktur bagian: Pendahuluan - Metode - Hasil dan Pembahasan - Kesimpulan - Referensi. (Justifikasi, Cambria 14). (Cambria, 12).
  4. Organisasi dan kutipan bibliografi dibuat dalam American Psychological Association 7th. Istilah dalam bahasa asing ditulis miring (italic).
  5. Pendahuluan harus memberikan latar belakang yang jelas, pernyataan masalah yang jelas, literatur yang relevan tentang subjek, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan nilai baru penelitian yaitu inovasi. Ini harus dapat dimengerti oleh kolega dari berbagai disiplin ilmu.
  6. Metode yang digunakan adalah Menjelaskan kronologis penelitian, meliputi metode penelitian, desain penelitian, prosedur penelitian (berupa algoritma, diagram alir, storyboard atau lainnya), cara pengujian dan perolehan data, waktu dan tempat penelitian (jika artikel berdasarkan penelitian lapangan), sebutkan hipotesis jika artikel Anda memilikinya (opsional). Uraian jalannya penelitian harus didukung dengan referensi, sehingga penjelasannya dapat diterima secara ilmiah.
  7. Hasil dan pembahasan terdiri dari temuan penelitian, meliputi deskripsi data yang dikumpulkan, analisis data, dan interpretasi data dengan menggunakan teori yang relevan. Harus jelas dan ringkas. Diskusi harus mengeksplorasi signifikansi hasil pekerjaan, bukan mengulanginya. Hindari kutipan dan diskusi ekstensif tentang literatur yang diterbitkan.
  8. Nomor tabel secara berurutan sesuai dengan kemunculannya di teks. Judul tabel harus diketik di atas tabel dan meratakan teks ke kiri, font 10pt Cambria. Kata “tabel” dan “jumlah tabel” diketik dengan huruf tebal, sedangkan judul tabel tidak diketik dengan huruf tebal (normal). Penomoran judul tabel menggunakan bahasa arab (1, 2, 3, dan seterusnya), tabel harus ditampilkan sejajar teks ke kiri. Penulisan isi tabel menggunakan 9pt Cambria dan spasi tunggal.
  9. Gambar, grafik, gambar, foto dan diagram harus ditempatkan di tengah. Gambar, grafik, gambar, foto, dan diagram tidak boleh berwarna (putih dan hitam, atau abu-abu), dan jika dibuat berwarna, dapat terbaca jika nanti dicetak dalam skala abu-abu. Nomor dan judul harus diketik di atas gambar, grafik, gambar, foto dan diagram. Judul gambar diberi nomor (gunakan huruf arab, 1, 2, 3 dan seterusnya), diketik 10 pt Cambria (normal, tidak tebal), spasi tengah dan satu spasi. Judul harus berisi uraian singkat tentang ilustrasi / gambar. Minimalkan teks dalam ilustrasi itu sendiri tetapi jelaskan semua simbol dan singkatan yang digunakan. Huruf pada karya seni harus dapat dibaca dengan jelas dan dalam ukuran proporsional dan harus memiliki ukuran cetak 9 pt untuk teks normal dan tidak lebih kecil dari 7 pt untuk karakter subskrip dan superskrip. Gambar harus memiliki deskripsi singkat di bagian utama teks. Sebutkan sumber gambar yang diambil dan tulis di bawah gambar, ratakan teks ke kiri, font 10pt Cambria.
  10. Kutipan (Referensi dan kutipan) ditulis dengan menggunakan tanda kurung (nama, tahun), contoh: (Sudarsana, 2016), (Creswell & Poth, 2016), (Saregar, 2016), (Honeycutt, 2011), Untuk artikel yang diterbitkan di jurnal terjemahan bahasa lain, pertama mengutip bahasa Indonesia, kemudian mengikuti bahasa penerbitan.
  11. Tentukan singkatan dan akronim untuk pertama kali digunakan dalam teks, meskipun telah ditentukan dalam abstrak. Singkatan seperti IEEE, SI, MKS, CGS, ac, dc, dan rms tidak perlu ditentukan. Jangan gunakan singkatan dalam judul kecuali jika benar-benar tidak dapat dihindari.
  12. Penomoran persamaan dilakukan secara berurutan dengan banyaknya persamaan yang ditulis dalam tanda kurung dan rata kanan, misalnya (1). Kuantitas dan variabel ditulis dengan simbol romawi miring. Gunakan tanda hubung (-) untuk menunjukkan tanda minus. Gunakan tanda kurung () sebagai penyebut atau pemisah untuk menghindari kesalahan. Berikan koma pada persamaan jika persamaan tersebut ada dalam kalimat.
  13. Penggunaan simbol numerik Romawi untuk penomoran bab atau sub-bab adalah opsional. Jika Anda menggunakan simbol angka Romawi, maka bagian referensi, bagian pengakuan, dan sub-judul atau sub-bab tidak dalam format huruf. Gunakan dua spasi untuk memisahkan sub-bab.
  14. Kesimpulan utama dari penelitian ini dapat disajikan dalam bagian Kesimpulan singkat, yang harus berdiri sendiri. Bagian kesimpulan harus mengarahkan pembaca pada materi penting makalah (jawaban dari tujuan penelitian). Selain itu juga dapat diikuti dengan saran atau rekomendasi terkait penelitian selanjutnya.
  15. Sebutkan ucapan terima kasih (jika ada) di bagian terpisah di akhir artikel sebelum referensi dan jangan mencantumkannya pada halaman judul, sebagai catatan kaki untuk judul atau sebaliknya. Cantumkan di sini orang-orang yang memberikan bantuan selama penelitian (misalnya, memberikan bantuan bahasa, atau bukti membaca artikel, dll.).
  16. Naskah harus dalam format * .doc dan dikirim ke sistem jurnal melalui pengiriman online dengan membuat akun di Open Journal System (OJS) ini [klik DAFTAR jika Anda belum memiliki akun; atau klik MASUK jika Anda sudah memiliki akun].
  17. Semua nama dan identitas Penulis harus dicantumkan secara lengkap dalam formulir yang diisi oleh penulis terkait: email; afiliasi; dan biografi singkat masing-masing penulis (di kolom 'Bio Pernyataan'). [jika manuskrip ditulis oleh dua atau lebih penulis, silakan klik 'Tambah Penulis' pada langkah ke-3 dari 'MASUKKAN METADATA' dalam proses pengiriman, lalu masukkan data masing-masing penulis.]
  18. Semua korespondensi, informasi, dan keputusan untuk naskah yang diserahkan dilakukan melalui email yang tertulis di dalam naskah dan / atau email yang digunakan untuk penyerahan. Status naskah dapat diperiksa di OJS dengan masuk ke jurnal.
  19. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kiriman, silakan hubungi jcs.insuriponorogo@gmail.com, atau kunjungi contact person di website jurnal JCS: Journal of Communication Studies