Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Musthofa

  • Amalia Rachmawati Institut Sunan Giri Ponorogo (INSURI), Indonesia
  • Fitri Wahyuni Institut Sunan Giri Ponorogo (INSURI), Indonesia
  • Nanik Setyowati Institut Sunan Giri Ponorogo (INSURI), Indonesia
Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Syi’ir Ngudi Susilo

Abstract

Penelitian ini bertujuan: mengetahui kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab Syi’ir Ngudi Susilo. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Data tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Syi’ir Ngudi Susilo dan sumber data yaitu kitab-kitab akhlak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis isi (content analysis) yakni menganalisis data tekstual menurut isinya. Kitab Syi’ir Ngudi Susilo merupakan kitab yang menjelaskan materi akhlak yang memuat ajaran adab atau etika keseharian bagi peserta didik. Selain berisi tentang adab, di dalamnya juga tercantum nilai-nilai pendidikan akhlak yang perlu dipraktikkan dalam kehidupan. Maka tujuan dari belajar dapat diperoleh, yakni menjadi hamba beriman dan bertakwa pada Allah SWT, serta bermanfaat bagi sesama. Adapun hasil penelitian ini terdapat nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Syi’ir Ngudi Susilo antara lain sebagai berikut: 1). hormat dan patuh kepada orangtua, 2). Disiplin, religius dan peduli lingkungan, 3).rajin, rapi, bersih, qonaah,sungguh-sungguh dan ramah, 4). Tanggungjawab dan disiplin, 5).cinta damai, rendah hati dan ramah, 6). hormat dan patuh kepada guru, 7). sopan, sabar dan adil, 8). wara’ (waspada), bersahabat, tawadu’, menghargai budaya, dan pemberani, 9). bercita-cita tinggi, tanggungjawab, pantang menyerah, mandiri, cinta tanah air, demokratis, kerja keras, kreatif, jujur.

Published
2023-10-25
Abstract views: 289 , pdf downloads: 202