Transformasi Digital Pendidikan Islam Sebagai Upaya Membendung Dekadensi Moral
Abstract
Dekadensi moral yang menggejala akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Penyimpangan sosial seperti bullying, pergaulan bebas, pencurian, tawuran, miras dan narkoba, social media anxiety sampai pada kasus kematian akibat kekerasan imbas dari ketidaksiapan generasi muda terhadap pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang informasi. Fenomena tersebut hendaknya ditanggulangi dengan berbagai upaya. Transformasi digital pendidikan islam salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membendung gejala penyimpangan sosial karena dengannya dapat mengimbangi kemudahan akses berbagai konten negatif di era digital. Tujuan dari penelitian ini ialah mengedukasi kepada para pembaca terkait keharusan terjadinya transformasi pendidikan islam di era digital sebagai upaya merekonsiliasi dekadensi moral di Indonesia, dan membantu menyadari bahwa pendidikan adalah ruh dari sebuah peradaban yang maju. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Data diperoleh melalui tinjauan berbagai literatur seperti artikel ilmiah maupun buku yang berkaitan dengan tema yang dibahas, kemudian dianilisis dan dikembangkan menjadi tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital dalam pendidikan islam merupakan keharusan sebagai upaya mengurangi dan bahkan menekan dekadensi moral pada generasi muda.