Transformasi Digital Pendidikan Islam Sebagai Upaya Membendung Dekadensi Moral

  • M. Umar Mahmudi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Indonesia
  • Muhammad Hufron UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Indonesia
Keywords: Transformasi Digital, Pendidikan Islam, Dekadensi Moral

Abstract

Dekadensi moral yang menggejala akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Penyimpangan sosial seperti bullying,  pergaulan  bebas,  pencurian, tawuran,  miras  dan  narkoba, social  media  anxiety sampai pada kasus kematian akibat kekerasan imbas dari ketidaksiapan generasi muda terhadap pesatnya perkembangan  ilmu  pengetahuan dan  teknologi khususnya dibidang  informasi. Fenomena tersebut hendaknya ditanggulangi dengan berbagai upaya. Transformasi digital pendidikan islam salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membendung gejala penyimpangan sosial karena dengannya dapat mengimbangi kemudahan akses berbagai konten negatif di era digital. Tujuan dari penelitian ini ialah mengedukasi kepada para pembaca terkait keharusan terjadinya transformasi pendidikan islam di era digital sebagai upaya merekonsiliasi dekadensi moral di Indonesia, dan membantu  menyadari bahwa pendidikan adalah ruh dari sebuah peradaban yang maju. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi  pustaka.  Data  diperoleh  melalui  tinjauan  berbagai  literatur  seperti  artikel  ilmiah  maupun buku  yang  berkaitan dengan tema yang dibahas, kemudian dianilisis dan dikembangkan menjadi tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi digital dalam pendidikan islam merupakan keharusan sebagai upaya mengurangi dan bahkan menekan dekadensi moral pada generasi muda.

Published
2023-12-03
Abstract views: 375 , pdf downloads: 223