Analisis Pendapatan Masyarakat di Madiun dalam Mencukupi Kebutuhan ( Utilitas )

  • Syaiful Ma'ruf STAINU Pacitan
Keywords: Kata Kunci : Pendapatan, Kebutuhan, Utilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan (utilitas). Penelitian ini digunakan sebagai sarana yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kecukupan kebutuhan (utilitas) masyarakat melalui pendapatan yang mereka peroleh. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif, seperti transkripsi wawancara, catatan lapangan, gambar, foto, dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan sangat penting dalam mencukupi kebutuhan masyarakat. Pendapatan juga mempengaruhi tingkat kepuasan seseorang dalam kegiatan konsumsinya. Semakin tinggi pendapatan, semakin banyak barang dan jasa yang dapat dikonsumsi, dan semakin tinggi tingkat kepuasan yang diperoleh. Kebutuhan masyarakat dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan tingkat kepentingannya, yaitu primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berhubungan dengan upaya menambah kebahagiaan hidup. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi untuk meningkatkan status sosial atau kepuasan pribadi.

References

Bambang dan Aristanti, Ekonomi, (Bandung: Citra Praya, 2007), 2 – 3
Budi Hartono, Prinsip Analisis Ekonomi, (Malang:ElektronikPertamadanTerbesar di Indonesia, 2016), 4
Case, Karl E. & Fair, Ray C. 2003. Prinsip-Prinsip Ekonomi Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
I Gusti Ketut Purnaya, Ekonomi dan Bisnis, (Yogyakarta:ANDI, 2016), 16
Lilis Susilawati, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sembako Yang Berlokasi Di Belakang Pasar Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pasar Jiput), Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri, 11.
Sadono, Sukirno, Teori Pengantar Mikro Ekonomi, (Jakarta: Raja grafindo Persada, 2006), 47
Sujana Ismaya, Kamus Perbankan, (Bandung : Pustaka Grafika ), 235.
Sulistiani, Pengaruh Pendapatan Limbah Industri Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Ekonomi Islam, Skripsi Fakultas Syari’ah Dan Eonomi Islam Institus Agama Islam Negeri SMH Banten, Serang 2014, 17.
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/03/09/utilitas-adalah diakses 1 Juni 2023
https://kumparan.com/berita-update/macam-macam-kebutuhan-menurut- tingkatannya-dalam-ilmu-ekonomi-1wgDgP0pV1f/full diakses 1 Juni 2023
Published
2023-07-12
Section
Articles
Abstract views: 225 , PDF downloads: 248