Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Materi Indahnya Akhlak Terpuji Saat Bertamu Berbasis Project Based Learning Pada Siswa Kelas 5 MI Al-Kautsar Ponorogo

  • Afinda Rahayu Mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: Project Based Learning, Pembelajaran, Akidah Akhlak

Abstract

Pembelajaran akidah dan akhlak merupakan aspek penting dalam pendidikan Islam. Salah satu topik yang perlu ditekankan adalah indahnya akhlak terpuji saat bertamu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar yang efektif dalam mengajarkan konsep-konsep akidah dan akhlak terpuji saat bertamu melalui pendekatan Project Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 Madrasah Ibtidaiyyah Al-Kautsar Ponorogo yang  beralamat di Jl. Lawu GG. IV No. 35 Nologaten Ponorogo. Selain itu,  pengembangan bahan ajar berbasis PBL juga meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah. Siswa belajar secara aktif melalui pengalaman langsung dalam menghadapi situasi nyata yang terkait dengan topik pembelajaran. Mereka juga dapat mengembangkan kemampuan analisis, refleksi, dan evaluasi melalui proses pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini mendapati kesimpulan bahwa pengembangan bahan ajar akidah akhlak materi indahnya akhlak terpuji saat bertamu berbasis PBL memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep akidah dan akhlak serta mengembangkan keterampilan sosial dan pribadi. Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah dan akhlak di sekolah. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam mengembangkan bahan ajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa dalam mempelajari akidah dan akhlak.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Akhlak Terpuji, PBL

References

Darwyn, S. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Gaung Persada Press.
Murniarti, E. (n.d.). PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN.
Pendidikan Kabupaten Sragen, D., & Tengah, J. (2015). Pengembangan bahan ajar aqidah ahklak di madrasah ibtidaiyah Fitri erning kurniawati. In Jurnal Penelitian (Vol. 9, Issue 2).
Sulisworo, Dr. D. (n.d.). Konsep Pembelajaran Project Based Learning (N. Setyaningsih, Ed.). APLRIN.
Wajdi, F. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PBL) DAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DRAMA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960
Zainuddin. (n.d.). Zainuddin-Buku Ajar Aqidah Akhlak PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MADRASAH.
Published
2023-07-18
Section
Articles
Abstract views: 429 , PDF downloads: 466