Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Model Mind Mapping pada Materi Sholat Berjamaah Kelas II di SDN 2 Keniten
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar bisa mengembangkan media pembelajaran Bahan ajar Berbasis Mind Mapping mata pelajaran PAI materi Indahnya Sholat Berjama’ah, dan untuk mengetahui kelayakan, respon kertarikan peserta didik, dan efektivitas bahan ajar berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran PAI materi Indahnya Sholat Berjama’ah, sebagai media pembelajaran berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran PAI materi Indahnya Sholat Berjama’ah, di SD Negeri 2 Keniten. Media pembelajaran ini di uji oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran PAI, dan siswa kelas II di SD Negeri 2 Keniten. sedangkan Metode penelitian ini menggunkankan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dan model pengembangan pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & evaluation).
References
Prastowo Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta
Ida Malati Sadjati, Hakikat Bahan Ajar (Jakarta: Universitas Terbuka, 2012), 1.7
Mardia Hayati, Desain Pembelajaran : Berbasis Karakter, (Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press, 2012), h. 61
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN, Op.Cit, h. 153
Rusman, Model-Model Pembelajaran (Cet V; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012), h. 1.
Muhammad Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran (Cet. I; Jakarta: Penerbit Kencana, 2018), h. 86.
M.Haviz,“Research and Development;Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, ProduktifdanBermakna”,Vol.16,No.1(Juni2013),h.32-
De Potter, Quantum Teaching (Cet. II; Bandung: Kaifa, 2000), h. 152.
De Potter dan Hernachi, Quantum Teaching.2000, h. 177
Yatim Rianto, Paradigma Baru Pembelajaran. (Cet. III; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010), h. 192
Copyright (c) 2023 Akif - Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.