Landasan Perilaku dalam Kegiatan Pembelajaran Based Teknologi

  • Itsnan Mahfuddin Al Mubarok Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Intan Pratiwi Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Lailatul Munawaroh Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Mikha Istria Puji Rahayu Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: The basis of behavior; technology based learning

Abstract

Writing articles on Technology-Based Learning by applying the basis of behavior. In writing this article aims to explain the relevance of the basis of behavior in technology-based learning activities. In the process of research and preparation of this article, researchers used a qualitative research approach to library research. The results of the research show that the foundation of behavior in technology-based learning activities is very relevant because educational technology strengthens the engineering of various methods and techniques from the design, development, utilization of various learning resources, implementation, and assessment of programs and learning outcomes.

References

Anwar, Chairul. 2017. Buku Terlengkap Teori-teori Pendidikan Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
Baharudin dan Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2008. Psikologi Pendidikan. cet. ke-4. Jakarta: PT Grasindo.
Elvi Triwahyuni dkk, “Peranan Konsep Teori Behavioristik B. F. Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah”, Jurnal Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar.
Handra, Tulus. “Pengembangan Proses Pembelajaran Berbasis teori Behavioristik Untuk Anak 2014 Berkebutuhan Khusus.” Nusantara Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol. 1 (Desember 2016).
Hermansyah, “ Analisis Teori Behavioristik (Edward Thorndike) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI”. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI. Vol. 7. No. 1.
John W, 2008. Santrock. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Makki, Ali. Mengenal Sosok Edward Lee Thorndike Aliran Fungsionalisme dalam Teori Belajar. Pancawahana: Jurnal Studi Islam. Vol. 14. No.1.
Mohammad, Yazdi, “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmiah Foristek, 2. 1 (2012).
M. Salamor, Jenny .“Hubungan Antara Pemberian Reward Dari Guru Dengan Motivasi Berprestasi Di SMA Kristen Halmahera Utara.” Jurnal Hibualamo 1, no.1 (2017)
Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
M Zed. 2009. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nurhidayati, Titin. “Implementasi Teori Belajar Ivan Petrovich Pavlov (Classical Conditioning) Dalam Pendidikan.” Jurnal Falasifa, No. 1, Vol. 3 (Maret 2012).
Okti, Dwi. "Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa", Jur nal Tarbawi Vol. 16. No. 2. (Juli – Desember 2019).
Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Schlultz, Sydney. Sejarah Psikologi Modern. Bandung: Nusa Media.
Setyaningsih, Kris. “Analisis Perbandingan Pemikiran Pendidikan Antara Al-Ghazali Dengan B.F. Skinner.” Jurnal Tadrib 1, no.1 (Juni 2015).
Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Surani, Dewi. “Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2. 1 (2019).
Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Waruwu, Fidelis. “Belajar Menurut Pendekatan Behaviorisme”. Jurnal Privitaev Vol 1 Desember 2004.
Yusuf Hadi, Miarso. Menyemai Benih Tekno logi Pendidikan. Jakarta, Prenada Media. 2015.
Zaini, Rifnon. “Studi Atas Pemikiran B.F. Skinner Tentang Belajar” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1, no. 1 (2014).
Published
2023-08-07
Section
Articles
Abstract views: 228 , PDF downloads: 237