Analisis Marketing Mix 4P untuk Meningkatkan Produktivitas Penjualan pada CV. Ganep Tradisi Solo

  • Dea Afnita Ardilla Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Indah Wahyu Utami Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Brillian Nur Diansari Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: marketing mix strategies, sales productivity, CV. Ganep Tradisi Solo, product, price, place, promotion, consumer behavior, quantitative research.

Abstract

This study aims to analyze the influence of marketing mix strategies (product, price, place, and promotion) on the enhancement of sales productivity at CV. Ganep Tradisi Solo. The research method employed is quantitative with a statistical approach. Data were collected from 52 respondents who are consumers of CV. Ganep Tradisi Solo through Likert-scale questionnaires. Validity, reliability, and classical assumptions tests were conducted to ensure data validity and reliability. Data analysis was performed using multiple linear regression. The results of the analysis indicate that product, price, place, and promotion significantly influence the enhancement of sales productivity. In conclusion, marketing mix strategies have a positive impact on enhancing the sales productivity of CV. Ganep Tradisi Solo's bakery products.

References

ADITAMA, D. P. (2019). PENGARUH LOKASI TOKO, CITRA TOKO, ATMOSFER TOKO, DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Toko EK-Mart Kedungwuluh Kidul Patikraja Banyumas) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Amitha, F. (2021). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan ulasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee (study kasus warga pondok ungu permai blok nn) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Astuti, Dian Puji. Strategi pemasaran dalam menarik minat konsumen ditinjau dari etika bisnis islam (studi kasus pada pedagang bakso dan mie ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur). Diss. IAIN Metro, 2018.
BERAS, K. P. B. D. K., & DO’A, I. B. U. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP.
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194-211.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran konsep dan dasar. Surabaya : Qiara media. Diakses darihttps://www.researchgate.net/publication/334057497_PEMASARAN_dasar_dan_konsep diakses pada tanggal 25 Juni 2021 jam 18.35
Haqi, Masna Munadiya. strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan perkembangan usaha di alina fotokopi ponorogo. Diss. IAIN PONOROGO, 2020.
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press. Diakses dari https://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2773 diakses pada tanggal 25 Juni 2021 jam 19.21
Islamiah, F., Harmayanto, H., & Jayanti, R. D. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN MEREK TEH PUCUK HARUM PADA TOKO DHEA SEMBAKO DI TANAH GROGOT. Gajah Putih Journal of Economics Review, 1(1), 001-008.
Jumlah, N. K. BAB III METODE PENELITIAN.
Karisma, I. (2019). Pengaruh kualitas makanan, pelayanan, bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Jagung Nyumi Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
Kusumaningrum, R. A., Iranita, I., & Syuzairi, M. S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI PADA USAHA KERIPIK TEMPE SARIMAS KOTA TANJUNGPINANG. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Ekonomi, 2(2), 1348-1357.
Marzuki, I., & Ramdaniah, F. (2019). Strategi Pemasaran Pedagang Sembako Dalam Meningkatkan Taraf Ekonomi Perspektif Ekonomi Islam. Iqtishadia Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 6(1), 54-64.
Noken di Oyehe Kabupaten Nabire. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 21–24.
Pitanatri, Putu. (2018). Dasar Dasar Pemasaran. Bali : Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua.Diaksesdarihttps://www.researchgate.net/publication/330727157_BUKU_AJAR_DASARDASAR_PEMASARAN diakses pada tanggal 25 Juni 2021 jam 20.00
Praestuti, C. (2020). Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen pada Mama-Mama Penjual
Prihastuti, Y., & Widayati, E. (2019). Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pt. Tunas Indonesia Tours And Travel Cabang Yogyakarta). Journal of Tourism and Economic, 2(1).
Rohmah, A. N. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Penjualan Produk Dodol Prol Tape Gapura Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Home Industri Gapura Desa Nambakan Kecamatan Ringenrejo Kabupaten Kediri) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Romli, M. E. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(4), 296-302.
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83-88.
Salim, A. (2018). STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY LARASATI SNACK DI DESA TANJUNGANYAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Sunarti, S., Herning Puspita, R., & Ernawati, R. (2018). Pengembangan Pemasaran Usaha Kecil Kue Tradisional Rumahan Melalui Media E-Commerce.
Wawolumaya, E. D., Tampi, D. L., & Rogahang, J. J. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rose Collection Manado. Productivity, 1(2), 134-141.
Yanti, P. D. (2020). Analisis Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan Souvenir Aceh Pada Toko AD Souvenir (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Published
2023-08-12
Section
Articles
Abstract views: 273 , PDF downloads: 170