Pendampingan Pelatihan Pemasaran Kerajinan Anyaman Bambu Melalui Media Sosial di Desa Tegalrejo Pulung Ponorogo

  • Sabrina Larasati Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Mariana Mariana Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: Metode ABCD, Informasi, Teknologi,

Abstract

Pada saat ini teknologi informasi sangat berkembang pesat dalam segala bidang salah satunya yaitu bisnis dan usaha. Teknologi informasi memiliki banyak manfaat seperti dalam kegiatan pemasaran. Pemasaran produk dapat memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial (Instagram) maka produk yang dipasarkan akan dikenal masyarakat lebih luas. Pemasaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam memperhatikan berjalannya usaha. Kerajinan anyaman bambu di Desa Tegalrejo, Pulung, Ponorogo merupakan Industri skala kecil menengah. Pemasaran produk anyaman bambu ini masih terbatas diwilayah ponorogo sekitarnya dan dipasarkan melalui dikirim kepengepul. Sehingga penjualan pada usaha ini masih sedikit dan juga belum banyak diketahui oleh masyarakat lain. Adapun tujuan dari kuliah pengabdian masyarakat ini yaitu mengembangkan pemasaran melalui media sosial kepada pengrajin anyaman bambu agar kegiatan sehari-hari lebih produkti. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode pendekatan Asset Community Development (ABCD) yaitu dengan mengenalkan media sosial Instagram untuk media pemasaran produk.

References

Noor, Z. Z. (2021). Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Firmansyah, M. A. (2019). PEMASARAN (Dasar dan Konsep). Pasuruan: Qiara Media.
McClure, F. A. (1972). Bamboo as a building material. Departement of Housing and Urban Development.
Badan Pusat Statistik. (1983). Perkiraan Angka Kelahiran Dan Kematian. Hasil Sensus 1971 dan 1980.
Basundara, B. (2017). Penerapan Material Kayu Laminasi Pada Konstruksi Pusat Kerajinan Rakyat. Online.
Parnomo, N. M. dan A. (2018). Menggali Potensi Desa Berbasis Ekonomi Kerakyatan.
Kerajinan Anyaman Bambu Desa Rancagong. Jurnal Pengabdian Masyarakat
Zaini, TM, Halimah, Lilyana, B. (2018). Kerajinan Limbah Kain Untuk Seni Motif Lampung dan Peningkatan Ekonomi Untuk Napi Wanita Pada Lapas Wanita. Kelas IIA Way Hui Bandar Lampung.Jurnal Sosioteknologi Kreatif.
Esmasari, Y., Widianto, Buchori. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk Abon Lele Hasil Home Industry Berbasis Media Sosial Facebook Pada UMKM Poklasar Erwina Pagelaran Pekon Pagelaran. Jurnal PkM Pemderdayaan Masyarakat.
Sugandi, B., Mazel, R, R., (2022). Platform E-commerce KKN UML Pulihkan Kondisi Ekonomi Desa Sindang Garut Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Universitas Muhammadiyah Lampung.
Garaika, Ipnuwati, S., Trisnawati. (2020). Pelatihan Pengembangan Pemasaran Kerajinan Batik. Bulurejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal PePemberdayaan Masyarakat.
Published
2023-08-22
Abstract views: 105 , PDF downloads: 97