Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya pada Pelajaran IPA Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV B

  • Hairunnisa Hairunnisa Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang; Indonesia
  • Saripuddin Saripuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang; Indonesia
  • Sarion Sarion Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang; Indonesia
Keywords: Kata kunci: Meningkatkan, Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini digolongkan kepada penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar materi “Gaya di Sekitar Kita” Pada Pelajaran IPA siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjungpinang Timur tahun 2023/2024. Peneliti  memberi tindakan kepada subjek yang diteliti yaitu siswa kelas IV B  yang berjumlah 36 siswa. yang terdin dari siswa laki-laki 15 orang dan siswa perempuan 21 orang

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 010 Tanjungpinang Timur tahun pelajaran 2023/2024 bahwa penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPA materi gaya disekitar kita siswa kelas IV SDN 010 dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dilihat dari hasil observasi guru observasi siswa, dan nilai hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas  guru pada siklus  I pertemuan pertama  mendapatkan nilai 82,02. pertemuan kedua nilal 84,81 pertemuan ketiga memperoleh nilai 86,02 Observasi guru pertemuan pertama pada siklus II mendapatkan nilai 87,08, pertemuan kedua nilai 88,43 pertemuan ketiga memperoleh nilai 98,15 Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dapat dilihat pada siklus I  pertemuan pertama hasil nilai aktivitas siswa yaitu 69,09 pertemuan kedua hasil nilai aktivitas siswa 73,84 pertemuan ketiga hasil nilai aktivitas siswa yaitu 78,89 Pada pertemuan pertama siklus II hasil nilai aktivitas siswa yaitu 85,17 pertemuan kedua hasli nilai aktivitas siswa 90,60 pertemuan ketiga hasil nilai aktivitas siswa yaitu 97,31.

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya di sekitar kita kelas IV B telah meningkat dapat dilihat dari hasil pra siklu,  siklus I dan siklus II Hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dengan perbandingan pra siklus memiliki nilai rata-rata 69,58 terdapat 15 siswa yang tuntas 42. Siklus I memiliki hasil rata-rata 75,00 terdapat 20 siswa yang tuntas 56 Siklus II memiliki nilai rata-rats 86,67 terdapat 33 orang yang tuntas atau 92 Berdasarkan hasil ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan Media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B pada mata pelajaran IPA materi gaya di sekitar kita.

Kata kunci: Meningkatkan, Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA

Author Biography

Hairunnisa Hairunnisa, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang; Indonesia

Hairunnisa

Prodi PGMI STAI MIFTAHUL ULUM TANJUNGPINANG

Contacperson

Email : [email protected]

Hp/Wa : 085264462838

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Jakarta: Rajawali Pers
Asriani, Akhamnd Supriyati dan Eka Nurwulan. 2019. Cara Mudah Merumuskan Indikator Pembelajaran .Serang: Pusat Bina Putera
Direktoral Pembinaan Sekolah Dasar, 2018. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar Jakarta Direktoral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan
Fahreza, Mulyadi, Febry, dan Rendi Julianda. 2020. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung Ejournal.Bbg.Ac.Id
Fitri Amalia. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta Pusat: PusatKurikulum dan Perbukuan Jakarta : Modern Press
Hamzah, Amir. 2013. Media Audio-Visual. Jakarta: PT. Gramedia Jakarta
Mulyadi, 2014. Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan. Malang : UIN-Maliki Press
Pratiwi, Nuninng Indah, 2017. Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi Undiknas:Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2024-01-13
Section
Articles
Abstract views: 72 , PDF downloads: 64