Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technologi) dalam Meningkatkan Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penerapan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian eksperimental digunakan dengan merancang suatu model pembelajaran yang memanfaatkan berbagai media berbasis ICT, seperti komputer, internet, dan aplikasi pembelajaran interaktif. Penelitian ini dilakukan kepada kelompok siswa yang dalam pemebelajaranya menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Data prestasi belajar dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis ICT secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa. Kelompok siswa atau kelas yang mendapatkan pembelajaran berbasis ICT ini menunjukkan peningkatan yang lebih baik.
References
Purwanto Nanang, Pengantar Pendidikan, Graha Ilmu , Denpasar, 2009
Sahusilawane, Wildoms, SE.,M.Si, Peran ITC dalam Pendidikan tinggi, CV. Adanu Abimatsa , 2023
Isjoni, Arif Moh., ITC untuk sekolah Unggul, pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran
Novianto Andi, Sistem Komputer Bidang TIK , Teknik telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika Penerbit Erlangga
Ally, M. (2004). Foundations of educational theory for online learning.
Johnstone, B. (2003). Never mind the laptops: Kids, computers, and the transformation of learning.
Jonassen, D. H. (1999). Designing constructivist learning environments.
Schmid, R. F., Miodrag, N., & Di Francesco, N. (2009). IT and higher order thinking skills
Copyright (c) 2024 IMAM MUCHLASIN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.