Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Hidayatul Mubtadien Ponorogo
Abstract
Tujuan media sosial dalam pendidikan agama islam yaitu dapat memperjelas suatu informasi dan pesan yang dapat memperlancar, meningkatkan proses dan hasil belajar penggunaan media juga memberikan metode pembelajaran yang efektif serta menumbuhkan kreatifitas yang menarik. Hal ini di anggap penting dikarenakan media sosial dapat di manfaatkan sebagai solusi yang efektif untuk perkembangan kemampuan seseorang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data wawancara terhadap murid tentang bagaimana pemanfaatan media sosial terutama pada aplikasi tiktok dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTS Hidayatul Mubtadien dalam materi akhlakt erpuji. Di dalam penggunaan aplikasi tiktok ada batasan usia untuk para pengguna,pengguna yang di bawah umur 15 tahun, maka mereka tidak diperbolehkan mengakses aplikasi tiktok. Guna mencegah efek negatif terhadap tiktok maka Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menjadikan siswa tanggap terhadap kenyataan bahwa generasi ini siswa lebih memilih belajar menggunakan media sosial. Hasil dari penenlitian ini yaitu pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran sangat membantu bagi guru dalam menentukan metode serta mengolah pola pikir siswa serta pemanfaatan media sosial bagi siswa yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar serta memajukan pendidikan agama islam.
References
sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital, Borneo Journal of
Islamic Education, (Volume 3 No.1, Mei 2023).
Adella Aninda Devi, Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Afaf Wafiqoh Nusaibah. Urgensi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan
Islam Untuk Mewujudkan Program Merdeka Belajar Dan Pendidikan Islam
Yang Berkemajuan, Jurnal Studi Islam, (Vol. 08 No 02 (2023) 32-48)
Afrizal Nur Islami,Media Sosial dan Eksistensi Diri Remaja Berprestasi di Kota
Palu,Jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas
Tadulako,No.3,2019,
Ahmad Zubaidi, Pengembangan Media Pembelajaran Maharah Al-kalam Berbasis
Media Sosial Menggunakan Aplikasi Tiktok, Universitas Islam Indonesia,
Yogyakarta, Indonesia, (2021, 119-134).
Alfi, A., Febriasari, A., & Azka, J. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam
Melalui Teknologi. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya,
1(4).
Armaya, A. A., Yasmin, A. S., & Agustina, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial
Sebagai Sarana Pengembangan Komunitas Virtual. Madani: Jurnal Ilmiah
Multidisiplin, 1(11).
Bima Fandi Asyarie, Aplikasi tiktok: Desain pembelajaran Akidah Akhlak Untuk
Meningkatkan Minat Belajar Di Man 1 Lampung Timur. Vol 8, 11,2023.
Dewi Laila Nadiyah, Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran
Akidah Akhlak Di MTS NU Banat Kudus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurnal
Kependidikan, Vol 13,No2,2021, 225-412.
Ifa Ameliola and Hanggara Dwi Yudha, Perkembangan Media Informasi Dan
Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi, Prosiding The 5th Irternational Converence On Indonesia Studies: Etnicitiy And
Globalization, (2015)
Laura Yuni Suryani, Peran Media Sosial Tiktok Terhadap Perubahan Pola
Interaksi Sosial Remaja di SMK Kesehata Al-Ma’arif Sumbawa Tahun
2022, Jurnal Ilmu Sosial, (Volume 1 No 1. Desember 2022),
Lidra Agustina Tanjung, Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Tiktok
Development of Tiktok-Based PAI Learning Media, (Vol.3, No.4, 30
Desember 2023).
Lilis Setiawati, Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Pai, Jurnal Ilmu
Pendidikan, (Vol. 02 No. 01 (2023))
Maharani, D., & Meynawati, L. (2024). Sisi Terang dan Gelap : Digitalisasi pada
Perkembangan Pendidikan Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial
Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1).
Nadita Fajarini, Pengaruh Penggunaan TikTok sebagai Media Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Pada Era 4.0, Jurnal Bintang Pendidikan
Indonesia (JUBPI), (Vol. 2, No. 2 Mei 2024)
Rahmadika Syahrial Akbar, “peran media sosial dalam perubahan gaya hidup
remaja di SMA Muhammadiyah 3 surabaya”, (skripsi:2018)
hal.3https://repository.unair.ac.id/87338/5/JURNAL%20RAHMANDIKA
%20S%20A.pdf. Diakses 22 september 2022.
Ramby, K. (2022). Konsistensi Kreator Konten Tiktok Dalam Memproduksi Video
Sebagai Aplikasi Nomor Satu Di App Store. Universitas Islam Negri Sultan
Syarif Kasim, 4585.
Salma Nofri Yanti, & M. Yemmardotillah. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi
Daring Dan Video Conference Materi System Design and Analisys Method
(Sdam) Masa Pandemi. El-Rusyd : Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 6(2).
https://doi.org/10.58485/elrusyd.v6i2.6
Trie Damayanti dkk,Kajian dampak negatif aplikasi berbagi video Bagi anak-anak
di bawah umur di Indonesia”,Jurnal Budi Luhur Universitas
Padjajaran,Vol.10,No.1,2019.
Putri Naning Rahmana, Dhea Amelia, Rian Damariswara, Pemanfaatan Aplikasi
Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z, Jurnal Teknologi
Pendidikan. (Vol. 11. No2.2022)
Copyright (c) 2024 Ahmad Mustaghfirin Mustaghfirin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.