Persepsi Guru Terhadap Prinsip Pembelajaran PAI Berbasis TIK di MIT Ilhamul Qudus Ponorogo

  • Nabila_ Jauharotul87 IAIN PONOROGO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru mengenai prinsip pembelajaran

PAI berbasis TIK di MIT Ilhamul Qudus Ponorogo. Urgensi penelitian ini terletak pada

kebutuhan untuk memahami bagaimana integrasi TIK dapat meningkatkan efektivitas

pembelajaran PAI dan menghadapi tantangan dalam penerapannya. Teknik penelitian yang

digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di MIT Ilhamul Qudus Ponorogo umumnya

memiliki persepsi positif terhadap penerapan TIK dalam pembelajaran PAI. Mereka mengakui

bahwa penggunaan TIK dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkaya pengalaman

belajar, dan memudahkan penyampaian materi yang kompleks. Namun, penelitian ini juga

menemukan beberapa batasan, seperti keterbatasan fasilitas teknologi dan hambatan terhadap

perubahan metode pembelajaran tradisional.

References

Afifuddin, Muchammad. "Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis
ICT." Tarbawi 6.2 (2017): 142.
Nuravipah, Eem, et al. "Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis ICT." JIIP-Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan 6.1 (2023): 351.
Harliawan, Hendri. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP 5 Singaraja. Singaraja: Ekuitas: Jurnal
Pendidikan Ekonomi, 3(1)
Yusrizal, gY., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). KompetensigGuru
dalamgMemanfaatkangMedia Pembelajaran BerbasisgTeknologi Informasigdan
Komunikasig (TIK) di SDgNegeri 16gBanda Aceh. JurnalgIlmiah
MahasiswagPendidikangGuru SekolahgDasar, 2(2)
Lestari, Iis Dewi. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis
Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. Jurnal SAP
(Susunan Artikel Pendidikan), 3(2)
Amilia, Winanda., & Maiziani, Fitri. (2020). Kompetensi Media Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru di SMA. e-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi
Pendidikan, 8(2).
Amilia, Winanda. "Peran guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi
informasi dan komunikasi di sekolah dasar kota sawahlunto." Jurnal Inovasi Pendidikan
Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6.1 (2022): 256-257.
Sulistiyo, U. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Salim Media Indonesia.
Machmuddah, Z. (2020). Metode Penyusunan Skripsi Bidang Ilmu Akuntansi. Deepublish.
R.A. Fadhallah. (2020). WAWANCARA.Unj Presspublish.
Published
2024-08-09
Section
Articles
Abstract views: 21 , PDF downloads: 21