Persepsi Guru Terhadap Prinsip Pembelajaran PAI Berbasis TIK di MIT Ilhamul Qudus Ponorogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru mengenai prinsip pembelajaran
PAI berbasis TIK di MIT Ilhamul Qudus Ponorogo. Urgensi penelitian ini terletak pada
kebutuhan untuk memahami bagaimana integrasi TIK dapat meningkatkan efektivitas
pembelajaran PAI dan menghadapi tantangan dalam penerapannya. Teknik penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di MIT Ilhamul Qudus Ponorogo umumnya
memiliki persepsi positif terhadap penerapan TIK dalam pembelajaran PAI. Mereka mengakui
bahwa penggunaan TIK dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkaya pengalaman
belajar, dan memudahkan penyampaian materi yang kompleks. Namun, penelitian ini juga
menemukan beberapa batasan, seperti keterbatasan fasilitas teknologi dan hambatan terhadap
perubahan metode pembelajaran tradisional.
References
ICT." Tarbawi 6.2 (2017): 142.
Nuravipah, Eem, et al. "Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis ICT." JIIP-Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan 6.1 (2023): 351.
Harliawan, Hendri. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP 5 Singaraja. Singaraja: Ekuitas: Jurnal
Pendidikan Ekonomi, 3(1)
Yusrizal, gY., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). KompetensigGuru
dalamgMemanfaatkangMedia Pembelajaran BerbasisgTeknologi Informasigdan
Komunikasig (TIK) di SDgNegeri 16gBanda Aceh. JurnalgIlmiah
MahasiswagPendidikangGuru SekolahgDasar, 2(2)
Lestari, Iis Dewi. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis
Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. Jurnal SAP
(Susunan Artikel Pendidikan), 3(2)
Amilia, Winanda., & Maiziani, Fitri. (2020). Kompetensi Media Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru di SMA. e-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi
Pendidikan, 8(2).
Amilia, Winanda. "Peran guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi
informasi dan komunikasi di sekolah dasar kota sawahlunto." Jurnal Inovasi Pendidikan
Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6.1 (2022): 256-257.
Sulistiyo, U. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Salim Media Indonesia.
Machmuddah, Z. (2020). Metode Penyusunan Skripsi Bidang Ilmu Akuntansi. Deepublish.
R.A. Fadhallah. (2020). WAWANCARA.Unj Presspublish.
Copyright (c) 2024 Nabila_ Jauharotul87
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.