Pendampingan Belajar Matematika Melalui Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian di Bimbel Posko 2 Desa Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo
Abstract
This study is motivated by the lack of students' ability to operate arithmetic, most of them are not fast and precise in understanding the multiplication of numbers. Based on these problems, the author conducted research by learning to count using fingers. This research intends to improve students' multiplication counting skills at Posko 2 Tutoring in Kedungbanteng Village, Sukorejo Sub-district. This learning tool uses the jarimatika method. Jarimatika is a counting method using fingers. Although only using fingers, but with the jarimatika method we are able to perform counting operations Multiplication, Division, Subtraction, This method is very easily accepted by children. The results of this study show that the application of the Jarimatika method can improve students' counting skills. Students look active and happy when applying the jarimatika method. Data collection in this study used the ABCD (Asset-based community development) data method. The test results show that most students have good multiplication counting skills. In addition, there are two criteria for the effectiveness of learning methods that are met. First, there is an increase and difference between initial understanding and after learning. Second, it can increase the interest and motivation of students who have difficulty counting multiplication.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengoperasikan aritmatika, sebagian besar dari mereka kurang cepat dan tepat dalam memahami perkalian bilangan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan cara belajar berhitung menggunakan jari tangan. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa di Bimbingan Belajar Posko 2 Desa Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo. Perangkat pembelajaran ini menggunakan metode jarimatika. Jarimatika adalah metode berhitung dengan menggunakan jari. Walaupun hanya menggunakan jari, namun dengan metode jarimatika kita mampu melakukan operasi hitung Perkalian, Pembagian, Pengurangan, Metode ini sangat mudah diterima oleh anak-anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Siswa terlihat aktif dan senang ketika menerapkan metode jarimatika. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode data ABCD (Asset-based community development). Hasil tes menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan berhitung perkalian yang baik. Selain itu, ada dua kriteria efektivitas metode pembelajaran yang terpenuhi. Pertama, adanya peningkatan dan perbedaan antara pemahaman awal dan setelah pembelajaran. Kedua, dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa yang mengalami kesulitan berhitung perkalian.
References
Anggraini, Yufri. 2021. “Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (4): 2415–22. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241.
Anjani, Ayu, Gita Harnum Syapitri, dan Rifka Izatul Lutfia. 2020. “Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar.” FONDATIA 4 (1): 67–85. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.442.
Ayurachmawati, Puji, Sunedi Sunedi, Marvinda Rizki Dita Dirgantara, Sylvia Lara Syaflin, Miftha Indasari, dan Adrianus Dedi. 2021. “Pelatihan Jarimatika Bagi Guru Di Sd Negeri 2 Indralaya Utara.” Publikasi Pendidikan 11 (2): 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.19205.
Evayenny, Evayenny, Nanda Lega Jaya Putra, dan Syamzah Ayuningrum. 2021. “Penyuluhan Metode Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Negeri 01 Karet Kuningan.” Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1): 14–19. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i1.931.
Hidayah, Nurul, dan Nurul Islamiah. 2022. “Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (3).
Hidayah, Rohmatun Nurul, Alif Kafa Thoyyibah, Palupi Khoirunisa Wiryana, Ismatu Dinia, Ishtifa Amalia Hafida, dan Alifiah Nur Indah Sari. 2022. “Pendampingan Literasi Melalui Pembuatan Majalah ‘Jiwa’ Di Mts Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan” 02.
Himmah, Khusnul, Jamal Makmur Asmani, dan Latifah Nuraini. 2021. “Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 1 (1): 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270.
Hm, Muhammad Anwar. 2019. “MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF MELALUI HYPNOTEACHING.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 16 (2): 469. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106.
Istiqomah, Arvina. 2021. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Melalui Bimbingan Belajar Di Dusun Gombong Kabupaten Magelang” 1 (2).
Jumadiyah, Nabila, dan Erna Zumrotun. 2024. “Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 5 di Sekolah Dasar.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 7 (1): 12–22. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.710.
Mayanti, Desi, Muh Hasbi, dan Baharuddin Paloloang. 2014. “Penerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Di Kelas X Mia 5 Sma Negeri 4 Palu” 2 (September).
Nurfadhilah, Uci. 2023. “Optimalisasi Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Jarimatika di Kelas 2 MI Ma’arif Sutawinangun.” Action Research Journal Indonesia (ARJI) 5 (1): 1–12. https://doi.org/10.61227/arji.v5i1.73.
Panduan KKN ABCD, UIN Sunan Ampel Surabaya: Asset Based Community-driven Development (ABCD). 2016. Cetakan 2 (rev). Surabaya: LP2M, UIN Sunan Ampel.
Perdana, Dina Novarina. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dengan Jarimatika pada Siswa kelas III SDN 32 Koto Sani.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic 5 (3): 13–18. https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.496.
Rahayu, Sharah Rizky, Djoko Hari Supriyanto, dan Sofyan Susanto. 2022. “Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas Iv Sdn Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.” Jurnal Holistika 6 (1): 41. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.41-48.
Sitio, Tiarmina. 2017. “Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (1): 146. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097.
Susanti, Yuliana. 2020. “Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa” 2 (Oktober).
Wijaya, Reni, dan Dorris Yadewani. 2022. “Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika : Belajar Menjadi Menyenangkan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 1 (2): 1–8. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.92.
Copyright (c) 2024 Imro Atun Solihah, Yafita Arfina Mu’ti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.