Penerapan Metode Tahsin Al-Muyassar untuk Memperbaiki Qira’ah Al-Qur’an Santri TPAAl-Hidayah

  • Nurul Rofiah INSURI
  • Kunti Nadiyah Salma Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo, Indonesia
  • Wahyu Hanafi Putra Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Keywords: Tahsin Al-Muyassar, Quranic Reading, TPA, Islamic Education, Tajwid Learning

Abstract

This study aims to understand the implementation of the Tahsin Al-Muyassar method in improving the Quranic reading skills of children at TPA Al-Hidayah, Desa Kedungbanteng. Using a qualitative approach, the research involved in-depth interviews with teachers and direct observations of the teaching and learning process. The collected data were analyzed to explore the experiences, challenges, and outcomes of implementing this method. The findings indicate that the Tahsin Al-Muyassar method, which emphasizes a gradual and systematic approach to tajwid and pronunciation, has a significant positive impact. Teachers reported that children showed progress in reading the Quran with more accurate tajwid and clearer pronunciation. Despite initial challenges, such as difficulties in mastering tajwid and pronunciation, the method proved effective in addressing these issues through continuous practice and an adaptive approach. Observations revealed that children became more confident and motivated in learning to read the Quran. Their experiences showed a positive change in their approach to Quranic education. The study concludes that the Tahsin Al-Muyassar method not only improves Quranic reading techniques but also contributes to enhancing children's attitudes and motivation towards learning.

References

Afidah, R., & Sholichah, N. I. (t.t.). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI RA AL-KHUSYU’TUGUREJO WATES BLITAR-MALANG.
Albadi, Supraha, W., & Indra, H. (2021). Implementasi Seni Baca Irama Al Qur’an Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Rayah Al-Islam, 5(02), 653–667. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.491
Ali, R., & Rizalludin, A. (t.t.). AL-MUHITH : JURNAL ILMU QU’AN DAN HADITS. https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.939
Alucyana. (2017). Pembelajaran Al-Quran untuk Anak Usia Dini dengan Metode Muyassar. 2. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/57/59
Ashari, S. (2023). MAKNA TARTIL DALAM AL-QUR’AN SURAH AL- MUZAMMIL AYAT 4 DAN IMPLEMENTASINYA. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 116–128. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v6i1.2652
Azis, A., & Lisnawati, S. (t.t.). PENERAPAN METODE AL-MUYASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELAUI PENGENALAN MAKHORIJUL HURUF PADA ANAK TINGKAT SD DI KAMPUNG GUNUNG KONENG DESA JAYARAHARJA.
Basuki, D. D., Fadhiilah, A., Zulkifli, M., Tazkiatunnisa, S., Rahmatullah, S. S., & Afifah, Z. (2024). Penerapan Metode Tahsin dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini di Salah Satu TPQ di Desa Kertasari. 2(2).
Bukhori, S. A. (2022). Pembentukan Karakter Insan Kamil Melalui Program Halaqah Tahfidzul Qur’an di SMPIT Permata Hati Merangin Jambi. ej, 5(1), 99–123. https://doi.org/10.37092/ej.v5i1.412
Center, M. (2019, Agustus). Guru TPQ Ditantang Ciptakan Metode Belajar Sesuai Zaman. https://mediacenter.batam.go.id/2019/08/22/guru-tpq-ditantang-ciptakan-metode-belajar-sesuai-zaman/
Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (t.t.). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016.
Firmansyah, F., Ali, M., & Romli, R. (2022). Pelatihan Membaca Al-Quran dengan Metode Tahsin Tilawah untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 22(1), 133–148. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10844
Hamdani, M. (2018). PENERAPAN METODE MEMBACA ALQURAN PADA TPA DI KECAMATAN AMUNTAI UTARA (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.12
Iryanti, S. S., & Fitriliza, F. (2019). IMPLEMENTASI METODE KRITIK INTRINSIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i1.3453
Kuliyatun, K. (2020). Implementasi Metode Kritik Intrinsik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Kota Metro. Edification Journal, 2(2), 81–91. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.115
Liana, P. (2020). TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI DESA SEMAWOT. 8(2).
Maya, R., & Maulida, A. (t.t.). IMPLEMENTASI METODE AL MUYASSAR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SMPIT EL MA’MUR CIMANGGU KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020.
Muhammad Yassar. (2016). Studi Al-Qur’an. https://repository.uin-suska.ac.id/10393/1/Studi%20Al-Qur%E2%80%99an.pdf
Mustofa, A. (2022). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Sidoharjo Kab.Oku Timur. 01.
Nahdiatun Niswah, Muhyani, Nurman Hakim. (t.t.). Pengaruh Penerapan Metode Al-Muyasar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Vii Di Mts Ar-Rifa’i Bogor.
Paramita, A. (t.t.). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Penerapan metode tahsin al-muyassar dalam memperbaiki bacaan al-qur’an anak didik rumah. (t.t.). Vol. 4 No.1, Juli 2022, Hlm 22.
Rahman, A. A. (t.t.). Studi Kritis Buku Teks Ha>z\ihi> Lug}ati> dan al-Muyassar fi> ‘Ilmi al-Nah}wi (Ditinjau Dari Empat Keterampilan Berbahasa).
Sugiyono. (t.t.). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D.
Syahrir laode sika. (t.t.). Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa.
Syarif, M., Wahyuni, I. W., Alucyana, A., & Raihan, R. (2021a). Penerapan Metode Muyassar Dalam Peningkatan Pemahaman Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 75–92. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2924
Syarif, M., Wahyuni, I. W., Alucyana, A., & Raihan, R. (2021b). Penerapan Metode Muyassar Dalam Peningkatan Pemahaman Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 75–92. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2924
Syarif, M., Wahyuni, I. W., Alucyana, A., & Raihan, R. (2021c). Penerapan Metode Muyassar Dalam Peningkatan Pemahaman Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 75–92. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2924
Published
2024-09-12
Abstract views: 9 , PDF downloads: 6