Pendampingan Membaca Anak Melalui Metode Suku Kata di RA Qur’an Al-Ghazali Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan membaca anak usia dini dan kurangnya waktu pembelajaran membaca karena lebih terfokus pada pembelajaran tahfidz. Tujuan penelitian ini merupakan meningkatkan kemampuan membaca anak dengan metode suku kata yang lebih tepat digunagan untuk anau usia dini. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi RA Al-Ghazali Desa Sukorejo. Metode yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD). Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan membaca anak usia dini digunakan pedoman observasi yang dilakukan selama masa pengabdian. Dengan diadakannya pendampingan membaca anak dengan metode suku kata ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan akademik dan kognitif anak serta menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak-anak. This research was motivated by the lack of reading skills in early childhood and the lack of time for learning to read because it was more focused on learning tahfidz. The aim of this research is to improve children's reading ability with a syllabic method that is more appropriate for young children. The population in this study were students from RA Al-Ghazali, Sukorejo Village. The method used is Asset Based Community Development (ABCD). To collect data about early childhood reading abilities, observation guidelines were used during the service period. By providing assistance to children's reading using the syllabic method, this has a significant influence on children's academic and cognitive abilities and shows positive results in improving children's reading abilities.
References
Dewi, Y. T., Ardyaputri, S. R., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2022). Penerapan Metode Suku Kata Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Sd Sunan Giri Ngebruk. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 780–785. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2428
Fatriani, A., & Samadhy, U. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7(1), 1–9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Jihan Safira Ramadhani, & Badriyah Wulandari. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.19
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca Jakarta. PT Bumi Aksara.
Pramanik, N. D., Kustanti, R., & Hastin Iqlima, S. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA DI RA SITI KHODIJAH PAGERAGEUNG.
Primasari, E., Herman, H., & Praningrum, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Bermain Kartu Gambar Dan Kartu Suku Kata. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26442
Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37–48. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48
Copyright (c) 2024 Nia Agustina, Rinesti Witasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.