Pendampingan Pembelajaran Materi Aqidah Akhlak Berbasis ICT Pada Siswa di SDN 1 Sukorejo
Abstract
Pembelajaran adalah proses mengatur lingkungan peserta didik agar mendorong kegiatan belajar. Dalam Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar, tujuannya adalah menghapus akhlak buruk dan menanamkan akhlak baik, sebagaimana pandangan al-Ghazali, untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mencapai kebahagiaan dunia serta akhirat. ICT dalam pendidikan sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran agar berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis ICT di SDN 1 Sukorejo bertujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang akhlak terpuji secara interaktif, menarik, dan relevan dengan kehidupan mereka.Penelitian ini menggunakan metode Asset-Based Community Development (ABCD) karena dianggap sebagai pendekatan yang tepat untuk topik ini. ABCD adalah metode pembangunan berbasis komunitas yang fokus pada peran aktif masyarakat dalam mengatasi masalah sosial, di mana mereka berperan sebagai penggerak inisiatif pengembangan di lingkungan mereka. Kegiatan pendahuluan dalam proses pembelajaran meliputi beberapa langkah penting, dimulai dengan memberikan salam dan memimpin doa bersama.Kegiatan Inti Pada pembelajaran ini, kami mengajarkan materi Aqidah Akhlak tentang akhlak terpuji dengan memanfaatkan media berbasis ICT. Kegiatan Penutup Proses penutupan dimulai dengan mereview seluruh materi yang telah diberikan selama sesi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Aqidah Akhlak di SDN 1 Sukorejo dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dengan mengaitkan nilai-nilai ajaran dengan situasi nyata yang dihadapi siswa. Penggunaan media berbasis ICT terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa.
References
Mohk. Iman Firmansyah, Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta'lim, Vol.17 No. 2019.
Misnatun, Aplikasi Media Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Sustainable, Vol 06. No 01. 2023. Hal 85.
Amilda, Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Raden Fatah Palembang, Jl. Prof. KH Zainal Abidin Fikri Km 3,5 palembang, Indonesia
Eka Supriatna dan Muhammad Arif Wahyu Purnomo, Keterampilan Guru Dalam Membuka Dan Menutup Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMAN Se- Kota POntianak , Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 11, Nomor 1, April 2015
Salahuddin Nadhir, 2015, panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya, LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Copyright (c) 2024 Wantini Shani, rinesti witasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.