Analisis Kepuasan Pengguna E-Office Polda Sumsel Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)
DOI:
https://doi.org/10.37680/ssa.v2i2.6176Keywords:
Kepuasan Penggunaan, Sistem E-Office, End User Computing Satisfaction.Abstract
Penelitian ini menganalisis kepuasan pengguna sistem E-Office Polda Sumsel dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Melibatkan 19 pegawai pada Bid Humas Polda Sumsel yang menggunakan E-Office tersebut. Ada pun 19 orang itu terdiri dari para perwira dan staff dari masing-masing subbid. Penelitian ini menilai validitas dan relibilitas pada variable EUCS melalui uji validitas dan realibilitas dengan hasil valid dan reliabel (Cronbach’s Alpha > 0,6). Secara keseluruhan hasil evaluasi menunjukan skor rata-rata EUCS sebesar 90%, yang termasuk kategori “ sangat kuat “, menunjukan bahwa E-Office memiliki manfaat yang sangat baik. Diharapkan temuan bisa di jadikan acuan agar mempertahankan item variabel yang berada pada kategori sangat puas pada E-Office Polda Sumsel.
References
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement 15 th edition. In Pearson Education, Inc.
Prof. Dr. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Metode Penelitian Kuantitatif.
Prof.DR. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Buku.
Saputra, A. D., Prakoso, C. T., & Rande, S. (2021). Tinjauan Aspek Sumberdaya Manusia Dalam Penerapan Aplikasi E-Office Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. EJournal Administrasi Publik, 9(1), 4703–4716. http://eoffice.bappedakaltim.com
Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Measurement of E-Commerce Website Usability for Sambal Nyoss Using the Likert Scale Method. Compiler, 7(1), 54–61. http://ejournals.stta.ac.id/index.php/compiler/article/view/254
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakan ketujuh belas. In Penilaian dan Hasil Belajar Mengajar.
Weyant, E. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 5th Edition. Journal of Electronic Resources in Medical Libraries. https://doi.org/10.1080/15424065.2022.2046231