Menumbuhkan Budaya Belajar Positif melalui Pemanfaatan Gadget yang Sehat di SDN Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo

Authors

  • Siti Shofiyah Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo; Indonesia
  • Tamrin Fathoni Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo; Indonesia

Keywords:

Budaya belajar positif, Gadget sehat, SDN Sempu

Abstract

Pengabdian ini bertujuan menumbuhkan budaya belajar positif melalui pemanfaatan gadget yang sehat di SDN Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Pendekatan ini menitikberatkan pada identifikasi dan pengembangan aset lokal untuk mendukung pemanfaatan teknologi secara tepat guna. Hasil yang dicapai antara lain meningkatnya motivasi belajar, keterampilan literasi digital, dan kedisiplinan siswa dalam menggunakan teknologi. Penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi komunitas sekolah dan masyarakat dapat menciptakan ekosistem belajar yang adaptif terhadap perkembangan teknologi tanpa mengabaikan nilai-nilai budaya lokal.

References

Gibson, R, L., & Mitchell, M, H. (2016). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan Tik Terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus Pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42–52. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017

Youdi L. L. Kawengian, Apriles A. Mandome, Priska S. T. dkk. Edukasi Internet Sehat Untuk Mencegah Ketergantungan Gadget Pada Anak Sekolah di SD Katolik Tombatu. Jurnal Abdimas Sariputra, Vol.1. No.1. (2024)

Downloads

Published

2025-09-20