Menumbuhkan Budaya Belajar Positif melalui Pemanfaatan Gadget yang Sehat di SDN Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo
Keywords:
Budaya belajar positif, Gadget sehat, SDN SempuAbstract
Pengabdian ini bertujuan menumbuhkan budaya belajar positif melalui pemanfaatan gadget yang sehat di SDN Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Pendekatan ini menitikberatkan pada identifikasi dan pengembangan aset lokal untuk mendukung pemanfaatan teknologi secara tepat guna. Hasil yang dicapai antara lain meningkatnya motivasi belajar, keterampilan literasi digital, dan kedisiplinan siswa dalam menggunakan teknologi. Penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi komunitas sekolah dan masyarakat dapat menciptakan ekosistem belajar yang adaptif terhadap perkembangan teknologi tanpa mengabaikan nilai-nilai budaya lokal.
References
Gibson, R, L., & Mitchell, M, H. (2016). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan Tik Terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus Pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42–52. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017
Youdi L. L. Kawengian, Apriles A. Mandome, Priska S. T. dkk. Edukasi Internet Sehat Untuk Mencegah Ketergantungan Gadget Pada Anak Sekolah di SD Katolik Tombatu. Jurnal Abdimas Sariputra, Vol.1. No.1. (2024)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tamrin Fathoni, Siti Shofiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.