Inovasi Desain Buku dalam Meningkatkan Minat Baca Kitab melalui Pendekatan Abcd di Pondok Pesantren
Keywords:
Desain, Pesantren, minat baca kitab dan tipografi.Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca kitab di kalangan santri dengan inovasi desain buku melalui pendekatan ABCD. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya antusiasme sebagian santri dalam membaca kitab, yang salah satunya dipengaruhi oleh tampilan kitab yang padat, monoton, dan kurang ramah pembaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode ABCD (Asset-Based Community Development) merupakan pendekatan penelitian dan pemberdayaan yang berfokus pada penggalian, pemetaan, dan pemanfaatan asset atau potensi yang dimiliki oleh pondok maupun komunitas. Pendekatan ini menekan kan pada kekuatan (strength-based approach) dari pada kekurangan, sehingga dalam proses penelitian lebih mengutamakan pengembangan sumber daya yang tersedia, partisipasi aktif masyarakat, serta kolaborasi antar anggota komunitas untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Subjek penelitian ini meliputi santri, ustadz dan pengurus. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 juli- 25 Agustus 2025 dan bertempat di Pondok Pesantren Nurul Qur’an.Proses penelitian dilakukan melalui tahapan identifikasi kebutuhan, perancangan desain kitab dengan tampilan modern dan menarik, hingga uji keterbacaan dan peneriman oleh santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kitab yang memanfaatkan tata letak rapi, penggunaan tabel, ilustrasi, dan tipografi yang jelas dapat meningkatkan motivasi santri dalam membaca serta memudahkan pemahaman materi. Dengan demikian, inovasi desain buku terbukti memiliki peran penting dalam memperkuat budaya literasi kitab di pesantren dan dapat dijadikan strategi alternatif dalam pengembangan media pembelajaran berbasis kitab klasik.
References
Aisyah,. H., & Rinjani, D. (2023). Pengaruh seni ilustrasi dalam meningkatkan minat baca (Studi desain novel karya Tere Liye). INVENSI: Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni, 8(1), 1–13.
Idamayanti, A., Zulaikha, S. R., Ramayanti, R., & Yusufhin, F. (2024). Pengaruh desain sampul buku terhadap minat baca pada ruang koleksi anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 41–54.
Husna, M., & Sumetri. (2023). Pojok baca: Optimalisasi minat baca santri di Pondok Pesantren MAS Tarbiyah Islamiyyah Candung. Surau: Journal of Islamic Education, 1(1), 33–42
Sapri, et al. (2024). Pembelajaran bahasa Arab di MI berbasis multimedia. Riyadhah: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 223–236.
Wijaya, S. (2004). Tipografi dalam desain komunikasi visual. Jurnal Desain Grafis Indonesia, 8(3), 112-125.
Mahendra, D. S., Azhar, A. A., & Syam, A. M. (2023). Pengaruh desain sampul buku terhadap minat baca di Perpustakaan Deli Serdang. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(3), 71–80.
Dhofier, Z. (2019). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. LP3ES.
Dalman. (2017). Keterampilan membaca. Raja Grafindo Persada.
Mastuhu. (2019). Dinamika sistem pendidikan pesantren: Suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. INIS.
Rahim, F., & Daradjat, Z. (2020). Minat baca santri terhadap kitab klasik: Analisis faktor internal dan eksternal. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 25(2), 123-140.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Faisal Agha Farshen, Kunti Nadiyah Salma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.