Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0 Implementation of P5 Learning in Forming National Character in Era Society 5.0 Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Laila Badriyah
Masfufah Masfufah
Kholidatur Rodiyah
Abidatul Chasanah
Moh Arifudin Abdillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program profil pelajar Pancasila yang ada di kurikulum merdeka, juga ingin mengetahui apakah berdampak terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah. Pendidikan karakter dibutuhkan tidak hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan keluarga dan sosial. Society 5.0 merupakan konsep masyarakat yang melek teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Beberapa keterampilan yang perlu dikuasai siswa meliputi: kreativitas, inovasi, pemikiran kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Pendidikan karakter yang ditingkatkan juga perlu dicapai dengan tujuan membentuk watak (karakter) moral yang memberikan nilai moralitas tersendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan cara memperkuat pendidikan karakter siswa. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan bagaimana idealnya pendidikan karakter dalam menghadapi era masyarakat 5.0. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter memang penting untuk bekal siswa di masa yang akan datang. Pendidikan karakter dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia, sehingga tidak hanya akhlak saja yang terbentuk, melainkan penguasaan keahlian bidang TIK, berpikir kreatif inovatif dapat dicapai oleh siswa dalam menghadapi era masyarakat 5.0.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Badriyah, L., Masfufah, M., Rodiyah, K., Chasanah, A., & Abdillah, M. (2021). Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(02), 65-83. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.3638

References

Aditya, J., Sulistyarini, D., Warneri, A., Yumiantika, E., Tanjungpura, U., Pontianak, K., and Barat, P. K. (2023). Identistas Nasional : Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. 7(1), 1–18.
Awulloh, Abdul Latifah, Khofiyati A’fifah, Nur Huda, M. K. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Society 5 . 0 Study. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 348–353.
Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217
Fadhilah, M. N. (2022). Peran Kegiatan Green Lab Dalam Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Alam. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 161–174. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.528
Faridah, T. N., Dewi, D. A., and Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Karakter Generasi Muda di Era 5 . 0 Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(20), 7310–7314.
Handayani, N. M. A. P. (2010). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA SOCIETY 5.0 BAGI GENERASI Z UNTUK MEMAJUKAN BANGSA. 1(d), 435–459.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kinanti, M. R. S., and Kencana, A. L. (2021). Penguatan pendidikan karakter dalam menghadapi standarisasi pendidikan menuju era human society 5.0. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 3(1), 447–452. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2274
Kurniawan, N. A., and Malang, U. N. (2020). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–6.
Lubaba, M. N., and Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.
Maruti, S., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., and Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada Jenjang Sekolah Dasar. 2(2), 85–90.
N, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.
Nurjanah, K., Saadah, H., Id, K. A., and Id, H. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Suara Demokrasi Di Smk Setia Karya. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1), 230. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27274
Putra, K. A. S. (2022). MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUDA DI ERA 5.0 MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Journal of the Japan Welding Society, 91(5), 328–341. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328
Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458
Septiani, A., Novaliyosi, and Hepsi, N. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). 13(3), 421–435.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771
Usmaedi. (2021). EDUCATION CURRICULUM FOR SOCIETY 5.0 IN THE NEXT DECADE Usmaedi 1 1 Dosen Program Studi Guru Sekolah Dasar STKIP Setiabudhi. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79. Retrieved from https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd