Peran Guru dalam Menstimulus Respon Anak melalui Teori Belajar Behavioristik The Role of the Teacher in Stimulating Children's Responses through Behavioristic Learning Theory Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Meidawati Suswandari

Abstract

The aims of this study are 1) to describe the method used by teachers in stimulating student responses through behavioristic theory, and 2) to describe the benefits of teachers stimulating student responses through behavioristic learning theory. This research method using literature study. The object of this research is behavioristic learning theory. The subjects of this research are teachers and children. Meanwhile, the data collection tool used in this research was through a search for scientific journals that I took from several electronic media such as digital libraries, the internet, and Google Scholar. The data analysis technique used in this research is annotated bibliography analysis. The results show that 1) the method used by the teacher in stimulating student responses is through behavioristic theory, namely the teacher must understand the differences in children’s  with their respective characteristics, the teacher ensures that children’s  are ready to learn, the teacher provides stimulus in the form of objects, non-objects, and gestures and the teacher provides good modeling/imitation to children’s , 2) the benefits of the teacher stimulating student responses through behavioristic learning theory, namely raising student interest in learning through the use of creative and fun learning stimuli so as to get positive responses from children’s .


 


 


Adapun tujuan penelitian ini yakni 1) mendeskripsikan cara yang digunakan guru dalam mentimulus respon anak melalui teori behavioristik, dan 2) mendeskripsikan manfaat guru menstimulus respon anak melalui teori belajar behavioristik. Metode penelitian ini dengan menggunakan studi pustaka. Obyek penelitian ini adalah teori belajar behavioristik. Subyek penelitian ini yakni guru dengan anak. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan penelitian ini melalui penelusuran jurnal ilmiah yang saya ambil dari beberapa media elektronik sebagimana dalam digital library, internet, dan Google Cendekia. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis anotasi bibliografi (annotated bibliography). Hasil penelitian menunjukan bahwa  1) cara yang digunakan guru dalam menstimulus respon anak melalui teori behavioristik yaitu guru harus memahami perbedaan anak dengan karakteristiknya masing-masing, guru memastikan bahwa anak telah siap untuk belajar, guru memberikan stimulus berupa benda, non benda, dan isyarat, serta guru memberikan pemodelan/peniruan yang baik pada anak, 2) manfaat guru menstimulus respon anak melalui teori belajar behavioristik yaitu memunculkan minat belajar anak melalui penggunaan stimulus pembelajaran kreatif dan menyenangkan sehingga mendapatkan respon positif dari anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suswandari, M. (2021). Peran Guru dalam Menstimulus Respon Anak melalui Teori Belajar Behavioristik. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(1), 47-55. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i1.781

References

Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Psikodimensia, 18(1), 85. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708
Abdurakhman, O & Rusli, R. . (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. 33.
Ade Sri Lestari, L., Sumantri, M., & Suartama, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Bandura Terhadap Kinerja Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Anak Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Ahmad, M. F. (2018). Penerapan teori belajar operant conditioning melalui peanfaatan bahan ajar modul akidah akhlah untuk meningkatkan hasil belajar anak kela x MIA MAN 1 Makasar. In Skripsi. UIN Alauddin Makasar.
Amalia, R & Fadholi, A. . (2017). teori Behavioristik. In Makalah (pp. 1–11). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Firliani, Ibad, N., H, N., & Nurhikmayati, Ii. (2019). Teori throndike dan implikasinya dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKI{P UNMA 2019 “Literasi Pendidkan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revoluasi Industri 4.0,” 823–838.
Haslinda. (2019). Classical conditioning. Jurnal Network, 2(1), 2316. https://doi.org/10.4249/scholarpedia.2316
Jamridafrizal. (2015). Teori Belajar Behaviorisme Dan Implikasinya Dalam Praktek Pendidikan. In Makalah (pp. 1–61). UNJ.
Laila, qumrumin nurul. (2015). Pemikiran Pendidikan Moral Aalbert Bandura. Psikologia, Vol. III(No. 1).
Lesilolo, H. . (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Makki, A. (2019). Aliran Fungsionalisme Dalam Teori Belajar. Jurnal Pancawahana, 14(1), 78–91.
Mulyadi Mulkam, E. I. (2015). Pengaruh penerapan teori belajar operant conditioning dalam mata pelajaran PPkn terhadap perbaikan perilaku peserta didik di SMP negeri 6 Kayuagung. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 59–64.
Nahar, N. . (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. British Journal of Haematology, 1(0), 64–74. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x
Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718
Samsul Bahri. (2017). Paradigma Pembelajaran Conditioning dalam Perspektif Pendidikan Islam Samsul Bahri. Jurnal Tadris, 12(2), 196–213.
Setyo Pambudi1, Nur Hoiriyahpambudi, S & Hiriyah, N. (2020). Penerapan teori operant conditoning B.F Skinner dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 150–165.
Sudarti, D. O. (2019). Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 55–72. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/1173
Suroso. (2004). Teori belajar observasi menuju belajar mempertajam rasa. Buletin Psikologi, 1, 16–32.
Tarsono, T. (2018). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2174
Titin Nurhidayati. (2012). Implementasi Teori Belajar Ivan Petrovich ( Classical Conditioning ) Dalam Pendidikan. Jurnal Falasifa, 3(1), 23–44.
Triwahyuni, E., Lolongan, R., Riswan, R., & Suli’, S. (2019). Peranan Konsep Teori Behavioristik B. F. Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah. In Makalah (pp. 1–10). Ilmu Theologia Kristen STFT Jaffary. https://doi.org/10.31219/osf.io/kunsh
Yanto, M., & Syaripah. (2017). Penerapan Teori Sosial Dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 65–85.
Zaini, R. (2014). Studi Atas pemikiran B.F.Skinner tentang Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 118–129.