Strategi Pengembangan Pasar Digital dalam Mendukung Industri Fashion Halal Di Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aisy Salwa Daulay
Imsar Imsar
Rahmat Daim Harahap

Abstract

Pasar digital di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang bermayoritas memeluk agama islam. Menerapkan pola hidup halal adalah hak setiap muslim dalam melakukan jual beli. Pasar digital menyesuaikan dengan pola hidup masyarakat Indonesia, dengan cara menghadirkan fitur halal. Namun industri halal di Indonesia memiliki perbedaan perkembangan antar sektor, hal ini membuat penulis tertarik untuk mengangkat penelitian terkait perkembangan industri fashion halal yang cukup berkembang dibanding sektor lainnya. Dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan pasar seperti apa yang tepat dalam mendukung industri fashion  halal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pasar. Analisis dilihat dari matrik IFE dan EFE yang diperoleh dari informan yang merupakan penjual produk fashion halal di pasar digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi agresif adalah staregi yang tepat dalam mendukung fashion halal untuk terus memaksimalkan kekuatan serta peluang yang ada. Dengan banyaknya jumlah masyarakat muslim di Indonesia, maka pasar digital dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang sehingga halal e-commerce dapat menjadi upaya dalam mendorong pengembangan industri fashion halal di Indonesia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Daulay, A., Imsar, I., & Harahap, R. (2023). Strategi Pengembangan Pasar Digital dalam Mendukung Industri Fashion Halal Di Indonesia. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 5(1), 1035-1042. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v5i1.2918

References

Faiza, I., Lisa Nurani, Indah Permatasari, & Hendri Hermawan Adinugraha. (2022). Fitur Halal Shopee Barokah Sebagai Preferensi Belanja Online Muslim Di Era Digital. In Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis (Vol. 1, Issue 1, pp. 78–87). https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i1.198
Widodasih, Satpatmantya, Analisis Strategi Keunggulan Bersaing pada UMKM Fashion Modiste.id Cikarang, Vo.1 No1, 2022, Uniersuatas Pelita Bangsa.
Kistari, Marlena, Analsis SWOT sebagai Strategi Pemasaran Terhadao Perkembangan Usaha Sentra UKM Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, Vol.6 No.2, 2022, Universitas Negeri Surabaya.
Astutim Ratnawati, Analsis SWOT Dalam menentukan Strategi Pemasaran Kantor Pos Kota Magelang, Vol.17 No.2, 2020, Jurnal Imu Manajemen, Universitas Tidar.
Alfani, Perancangan Strategi Pengembangan Bisnis Industri Jeans Pada UMKM X Mengunakan Analsis SWOT, Vol. XXIII, No.1, 2022, Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi Universitas Islam Indonesia.
Aziz, Parptono, Tripiawan, Analsis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Produk Fariz Fashion, Vol.4 No.3, 2017, Universitas Telkom.
Permata, Staregi Pengembangan Manajemen Jember Fashion Carnaval, Vol.3 No.1, 2017, Institut Senin Indonesia Yogyakarta.
Zahratunnisa, Rahmat, Penerapan Analisis SWOT Terhadap Keberlangsungan Usaha di Butik Shifa Olshop Medan, Vol.4 No.6, 2022, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.
Kuswoyo, Minarsihm Fathoni, Analsisi Strategi Bisnis Dengan SWOT pada ANA Fashion, 2018, Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Pandanaran Semaragng.
Chrismastianto, Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan D Indonesia, Vol.20 No.1, 2017, Universitas Pelita Harapan Tangerang
Jannah, Hulaify, Erziaty, Manajemen Strategi Dengan Analisis SWOT Terhadap Usaha Fashion Di Era Digitalisasi, 2020, Universitas Islam Kalimantan Muhammadiyah Arsyad Al Banjari.
Faiza, dkk, Fitur Halal Shopee Barokah Sebagai Prefensi Belanja Online Muslim Di Era Digital, Vol.1 No.1, 2022, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Fradesa,dkk. Fitur Shopee Barokah dan Tokopedia Salam : Inovasu Marketplace Halal Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Digital Berbasis Syariah, 2020, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.
Rahayu, Ningtyas, Halal E-commerce Pada Sektor Fashion Muslim Sebagai Upaya Mendorong Pengembanagan Industri Halal Di Indonesia, 2021, Journal Of Halal Product and Research.
Imsar, Analsis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan, 2018, Universiats Islam Negeri Sumatera Utara.
Hasanah, Anggraini, Harahap, Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi di Masa Pandemi Menurut Ekonomi Islam : Studi pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan, 2023, Mes Management Journal.
Batubara, Harahap, Halal Industry Development Strategies Muslim Responses and Sharia Compliance, 2022, Univesitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Harahap, Nasution, Chairina, Analisis Loyalitas Pelanggan Muslim Berbelaja Fashion Pada Pasar Inpre Kisaran, 2020, Human Falah.
Hutapea, Marliyah, Analsis Staregi Marketing Percetakan CV Antique Production Dalam Perspektid Ekonomi Islam, 2020, Univesitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rahayu, Ningtyas, Halal E-commerce Pada Sektor Fesyen Muslim Sebagai Upaya Mendorong Pengembangan Industri Halal Di Indonesia, 2021, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sulistiani, Analisis Maqashid Syariah Dalam Pengembangan Hukum Industri Halal Di Indonesia, 2018, Law & Justice Jurnal.