AUTHOR GUIDELINES

Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam hanya menerima naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Berikut ini adalah pedoman kami sebagai bagian dari proses pengiriman untuk memastikan naskah anda sesuai dengan persyaratan jurnal.

  1. Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau telah dipertimbangkan dalam jurnal lain.
  2. File naskah dalam format Microsoft Word (.doc) 15-25 halaman.
  3. Mengenai bibliografi / referensi, jurnal al-Manhaj menerapkan Chicago Manual Style. Oleh karena itu, kami berharap penulis memperhatikannya. Selain itu, disarankan bagi penulis untuk menggunakan sarana manajer referensi seperti  Zotero. Untuk referensi, setidaknya 80% dari jurnal, tesis, disertasi, dan laporan penelitian
  4. Setiap naskah akan dipilih dan dinilai oleh tim editorial dengan melibatkan pakar yang relevan di bidangnya, dan kemudian penulis akan mendapatkan informasi tentang status artikelnya: diterima, diterima dengan revisi, atau ditolak. Keputusan editorial tim tidak dapat diganggu gugat.

Pedoman Umum  

  1. Naskah adalah hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan di media publikasi lain atau penerbit.
  2. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan editorial akan langsung menolak teks yang mengindikasikan plagiarisme.
  3. Pengajuan dan proses publikasi gratis, tanpa biaya tambahan.
  4. Naskah yang telah ditulis sesuai Pedoman al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, (dalam format MS Word, Sesuai template artikel) harus diserahkan melalui Sistem Pengajuan Online menggunakan Open Journal System(OJS)
  5. Naskah yang tidak sesuai dengan template al-Manhaj akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.
  6. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau bahasa Arab dengan bahasa standar akademik.
  7. Naskah harus terdiri dari 3000 hingga 6000 kata termasuk gambar dan tabel.
  8. Naskah ditulis pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin khusus sebagai berikut: kiri 25 mm, kanan 20 mm, bawah 20 mm, dan atas 30 mm.
  9. Kata-kata dari bahasa asing dinyatakan dalam format Italic. Setiap paragraf dimulai 10mm dari perbatasan sisi kiri dan tidak ada spasi di antara paragraf. Semua angka ditulis dalam format penomoran Arab, kecuali untuk kalimat baru.
  10. Tabel dan gambar ditempatkan dalam grup teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi keterangan (Gambar Keterangan) di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Keterangan Tabel) dan diberi nomor dalam format penomoran Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel.
  11. Lampiran gambar harus dijamin dapat dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi, dan ruang garis terlihat jelas).

Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah antara kelompok teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, dapat ditempatkan di tengah halaman. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sementara garis horizontal hanya diperbolehkan untuk titik penting.

Pedoman untuk Body Text Naskah

Judul naskah: 

Judul harus informatif dan ditulis secara singkat dan jelas. Hindari ragam interpretasi. Harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Kata awal ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak biasa. Ide-ide utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam dua belas kata, font berukuran 12pt, dengan pilihan tebal dan dalam format teks tengah. Sementara itu, abstrak harus ditulis dalam maksimum 200 kata dan diikuti dengan minimak tiga kata kunci.

Pendahuluan:

Pendahuluan  harus (singkat dan berurutan) mengandung  latar belakang umum dan tinjauan literatur (state of the art) sebagai dasar dari pertanyaan penelitian baru, pernyataan dari artikel ilmiah baru, masalah penelitian utama, dan hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus dinyatakan. Dalam format artikel ilmiah, tidak diperbolehkan menuliskan referensi seperti dalam laporan penelitian. Mereka harus diwakili dalam tinjauan literatur untuk menunjukkan merek baru dari artikel ilmiah. Tinjauan literatur: Tinjauan literatur: berisi deskripsi sistematis dari studi sebelumnya yang relevan dengan penelitian. Bagian ini menjelaskan kekuatan dan keterbatasan penelitian sebelumnya yang dapat menjadi bahan untuk argumen bahwa penelitian saat ini dilakukan untuk memperbaiki atau mengembangkan penelitian sebelumnya. Bagian ini juga berisi dasar teori, konsep dasar dan prinsip yang diperlukan untuk penyelesaian masalah yang terkait dengan penelitian. Tinjauan literatur dapat berupa deskripsi kualitatif, model matematika, konsep, atau alat yang berkaitan dengan penelitian. Semua sumber yang dikutip dalam penelitian harus ditulis dengan jelas dalam daftar referensi. Metode Penelitian: Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah, termasuk metode analitik. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dijelaskan dalam bagian ini.

Analisis dan Hasil penelitian: Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan bagaimana mereka dibahas. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang memadai. Hasil penelitian dan penemuan harus menjadi jawaban atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan.

Kesimpulan: Ini adalah bagian terakhir yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulannya akan menjadi jawaban dari hipotesis, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulan tidak harus hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi. Itu harus ringkasan hasil penelitian seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Nasihat berisi saran yang terkait dengan ide-ide lebih lanjut dari penelitian.

Daftar Pustaka: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus terdaftar di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber primer (jurnal ilmiah dan paling sedikit 80% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh referensi. Dalam hal ini penulis disarankan menggunakan Management Reference (Mendeley, Zotero, dll) dengan menggunakan Chicago Manual Style .