Peran Kelompok Sadar Wisata Sri Sentono Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

  • Nuzhul Dwy Novengging Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: peran pokdarwis, pariwisata, desa wisata

Abstract

Dalam Peraturan Menteri Kepariwisataan PM.04/UM.001/MKP/2008 Pasal 1 dijelaskan bahwa Sadar Wisata adalah suatu kondisi yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu destinasi atau wilayah. Kegiatan sadar wisata ini muncul dengan harapan pembangunan nasional dapat optimal dengan peran dan partisipasi masyarakat dalam mengelola pariwisata. Dalam Buku Pedoman Pokdarwis dijelaskan bahwa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah salah satu bentuk kelembagaan informal yang dibentuk anggota masyarakat (khususnya yang memiliki kepedulian dalam mengembangkan kepariwisataan di daerahnya. Tujuan pembentukan pokdarwis adalah sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang pariwisata, meningkatkan sumber daya manusia, mendorong terwujudnya Sapta Pesona (keamanan, ketertiban, keindahan, kesejukan, kebersihan, keramah-tamahan dan kenangan) meningkatkan mutu produk wisata dalam rangka meningkatkan daya saing serta memulihkan pariwisata secara keseluruhan, sehingga kedepannya kelompok sadar wisata diharapkan mampu mengelola dan ikut serta berperan dalam pemberdayaan masyarakat. Kelompok Sadar Wisata Sri Sentono yang berada di Desa Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo adalah salah pokdarwis yang di bentuk dalam rangka untuk mendukung konsep desa wisata yang di gagas oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo pada masa kepemimpinan Bupati Ipong Muchlisoni. Kelompok Sadar Wisata Sri Sentono di hadapakan dengan berbagai Potensi yang ada di desa plalangan juga beragai faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam menjalankan tugasnya yang pada akhirnya pokdarwis tidak hanya bergerak dalam menjalankan wisata saja namun juga mampu berperan dalam memberdayakan masyarakat desa plalangan.

References

Agusta, Ivanovich. “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif.” Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor 27 (2003).

Gafara, Citra, Bagus Riyono, dan Diana Setiyawati. “Peran Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Di Desa Karangpatihan, Kabupaten Ponorogo Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Keluarga.” Jurnal Ketahanan Nasional 23, no. 1 (2017): 37–48.

Gunawan, Imam. “Metode penelitian kualitatif.” Jakarta: Bumi Aksara 143 (2013).

Hakim, Nasrul, Suci Hayati, Aliyandi A. Lumbu, Nur Indah Rahmawati, dan Linda Septiyana. “Pemberdayaan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam mengembangkan ekowisata desa gunung rejo kecamatan way ratai.” DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2019): 235–254.

Hendro, Eko Punto, dan Deli Nirmala. “PENGUATAN ORGANISASI POKDARWIS SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENGEMBANGAN WISATA KAMPUNG PELANGI KOTA SEMARANG,” t.t.

Irawan, Henky. “Pengembangan Ekowisata Bahari Berbasis Keankaragaman Hayati Pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pengudang Bintan Mangrove Di Desa Pengudang Kabupaten Bintan.” Pengkemas Maritim 1, no. 1 (2018): 1–9.

KURNIAWAN, ADE ARIZAL. “ANALISIS PERAN AUDITOR INTERNAL DALAM PENDETEKSIAN DAN PENCEGAHAN FRAUD: PERSPEKTIF ROLE THEORY (Studi Kasus Pada Inspektorat Provinsi Jawa Timur).” PhD Thesis, Universitas Airlangga, 2017.

Mundir, Mundir. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. STAIN Jember Press, 2013.

Murianto, Murianto, Ida Nyoman Tri Dharma Putra, dan Rizal Kurniansah. “Peranan Pokdarwis Batu Rejeng untuk Mengembangkan Desa Sentiling Lombok Tengah.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 1 (2020): 21–26.

Prayudi, Made Aristia, Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi, Diota Prameswari Vijaya, dan Luh Putu Ekawati. “Teori Peran Dan Konsep Expectation-Gap Fungsi Pengawasan Dalam Pengelolaan Keuangan Desa.” EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 2, no. 4 (2018): 449–467.

Putrawan, Putu Edi, dan Dewa Made Joni Ardana. “Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Munduk Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng.” Locus 11, no. 2 (2019).

Yatmaja, Panji Try. “Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat Oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Mengembangkan Pariwisata Berkelanjutan.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan 10, no. 1 (2019): 27–36.

Published
2021-06-09
How to Cite
Novengging, N. (2021). Peran Kelompok Sadar Wisata Sri Sentono Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. JCD: Journal of Community Development and Disaster Management, 3(1), 59-70. Retrieved from https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/jcd/article/view/1051
Abstract views: 0 , PDF (Indonesia) downloads: 0